Peserta UNBK SMA di Sultra Capai 38.966 Siswa, Terbanyak dari Muna

86
pelaksana Tugas (Plt) Kadisdikbud Sultra Asrun Lio
Asrun Lio

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tahun ini sebanyak 38.966 siswa tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) sederajat di Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Pelaksana UNBK terbanyak berasal dari Kabupaten Muna dengan jumlah peserta 9.689 siswa.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Asrun Lio mengatakan, seluruh SMK di Sultra saat ini sudah 100% melaksanakan UNBK pada April mendatang. Sementara SMA/MA baru 81% saja yang melaksanakannya, dari total sebanyak 330 sekolah.

Satuan pendidikan yang masih menggunakan Ujian Nasional Berbasis Kertas Pensil (UNKP) di Sultra ada sebanyak 78 sekolah.

Kata dia yang menjadi kendala satuan pendidikan tidak melaksanakan UNBK yakni jumlah komputer yang belum mencukupi, belum ada jangkauan listrik, serta tidak ada jaringan internet. Misalnya, di Kecamatan Routa Kabupaten Konawe.

Asrun berharap tahun depan satuan pendidikan di Sultra sudah melaksanakan UNBK 100%. Sehingga, fasilitas di satuan pendidikan yang masih kurang harus dilengkapi atau disarankan menggabung di sekolah lainnya yang memiliki fasilitas lebih memadai.

“Tentunya Dikbud Sultra sendiri akan terus memberikan dukungan kepada satuan pendidikan yang belum secara mandiri atau belum melaksanakan UNBK,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (15/2/2019).

Pelaksanaan UNBK SMA/MA dan SMK sendiri tidak bersamaan. Tujuannya agar sekolah yang masih kurang sarana prasarana dapat berbagi dengan sekolah yang sudah mandiri melaksanakan UNBK.

“Misalkan tahun ini SMK yang fasilitasnya belum cukup bisa meminta bantuan kepada SMA terdekat atau SMP, begitu pun sebaliknya,” ucapnya. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib