Tampilan Desktop


Pesona Dua Pulau Tak Berpenghuni di Moramo Utara
565 Dibaca

wisata-pulau-lara-dan-pulau-senja-pulau-tak-berpenghuni

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Gugusan pulau-pulau kecil dan tak berpenghuni di Sulawesi Tenggara (Sultra) menjadi salah satu destinasi wisata bahari yang dapat menjadi pilihan anda bersama sahabat, kekasih dan keluarga besar diakhir pekan.

Nah, kali ini redaksi zonasultra.com akan membahas wisata bahari dua pulau yag terletak di Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yakni Pulau Senja dan Pulau Lara.

Dari pusat kota Kendari ke tempat penyeberangan Pulua Lara dan Pulau Senja jaraknya sekitar 20 km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 20 menit. Lokasi penyebrangan berada di desa Wawatu.

Dengan biaya sewa kapal pulang pergi sekitar Rp. 350 ribu anda dapat menikmati keindahan Pulau Lara dan Pulau Senja.

Namu jika hanya ingin menikmati Pulau Senja anda cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp. 250 ribu begitu pula jika anda hanya ingin menikmati keindahan Pulau Lara.

Jarak tempuh tidak begitu lama, sekitar 15 menit dari penyeberangan anda akan sampai ke Pulau Lara. Namun sepanjang perjalanan Anda juga dapat menikamti keindahan Pulau Senja dengan barisan bukit batu yang mengelilingi sebahagian pulau.

1. Pulau Lara

pulau-lara

PULAU LARA – Keindahan Pulau Lara yang memiliki air laut yang begitu jernih dengan hamparan pasir putih, Minggu (18/9/2016). Pulau Lara merupakan salah satu pulau tak berpenghuni di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

Ukuran Pulau Lara tak begitu besar, dengan garis pantai hanya sekitar 100 meter dan ditengahnya dipotong dermaga kayu sepanjang 75 meter menjulur kelaut mejadikan tempat ini sebagai salah satu titik untuk mengambil gambar, selfie, wefie ataupun ada yang ingin menikmati keindahan bawa laut dengan bersnokling.

Untuk biaya sewa alat snorkling kacamata dan kaki katak sekitar Rp. 50 ribu. Keindahan terumbu karang yang berada di Pulau Lara sepertiya biasa-biasa saja jika dibandingan dengan titik snorkling yang ada di Sultra seperti di Pulau Labengki dan Wakatobi.

Rindangnya pepohonan menjadikan lokasi ini terasa sejuk dan dapat memanjakan mata. Hamparn pasir putih dan air laut yang jernih dijamin bisa menghilangkan kepenatan rutinitas.

Baiknya ketika berencana berkunjung ke Pulau Lara baiknya berangkat di pagi hari agar dapat menikmati keindahan pulau dengan waktu yang cukup lama, pasalnya jika menjelang sore hari air laut akan surut yang kadang menyebabkan kapal tertahan lebih jauh dari lokasi anda turun ketika sampai di Pulau Lara.

Kemudian, jangan lupa persiapkan bekal yang banyak mulai dari makanan, snack dan air mineral sebab Pulau Lara tidak berpenghuni sehingga tak ada masyarakat yang berjualan ditempat tersebut. Kemudian soal keamanan laut aman tak ada hewan laut yang biasa menjadi ancaman bagi manusia seperti ubur-ubur dan bulu babi.

2. Pulau Senja

pulau-senja

PULAU SENJA – Hamparan pasir putih dan air laut yang jernih serta gugusan pulau-pulau batu krtus nampak mengelilingi Pulau Senja, Minggu (18/9/2016). Pulau Senja merupakan salah satu gugusan pulau tak berpenghuni yang jaraknya sekitar 300 meter dari Pulau Lara. (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

Pulau Senja dinamakan begitu karena lokasi ini begitu indah jika Anda nikmati keindahannya menjelang sore hari . Sinar matahari yang akan terbenam akan menyinari sebahagian wilayah pulau Senja dan sebahagian lagi akan terlihat lebih redup. Berbeda dengan Pulau Lara, tempat ini tak memiliki keindahan bawa laut yang dapat nikmati.

Tapi, satu hal yang membuat Pulau Senja tetap menjadi salah satu idaman pengunjung pasalnya pulau ini memiliki gugusan-gugusan pulau-pulau batu yang berdiri mengelilingi pulau Senja dan menjadi salah satu spot untuk mengambil gambar, selfie ataupun wefie. Ada satu buah pulau kecil yang biasanya menjadi lokasi favorite para pegunjung untuk berfoto.

Dimana Anda dapat menikmati keindahan laut pulau diatas ketinggian sekitar 100 meter diatas permukaan air laut. Memiliki garis pantai yang tak juga begitu panjang hanya sekitar 150 meter menjadikan kita tak begitu leluasa untuk berkeliling di salah satu pulau tak berpenghuni ini.

Sama dengan Pulau Lara, pulau ini juga menyajikan pemandangan pasir putih degan air laut yng begitu jernih dan jauh dari ancaman hewan laut yang bisa membahayakan manusia seperti ubur-ubur dan bulu babi.

Setelah menikmati keindahan kedua pulau tak berpenghuni Pulau Lara dan Pulau Senja kapal sewaan Anda akan datang menjemput tepat waktu sebelum air laut akan surut.

Jadi, bagi Anda yang penasaran bagaimana keindahan dua pulau diatas tidak ada salahnya menjadikan dua pulau tak berpenghuni ini menjadi list destinasi weekend bersama teman, sahabat, kekasih serta keluarga tercinta. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor    : Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com