Tampilan Desktop


Petani di Amohalo dan Labibia Dapat Bantuan Alsintan
16 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Wali Kota Kendari Asrun menyerahkan bantuan alat produksi pertanian (Alsintan) dan bibit tanaman jagung serta kedelai kepada petani di Kelurahan Labibia dan Baruga.

Bantuan alsintan itu berasal dari Kementrian Pertanian dan Dinas Pertanian Sulawesi Tenggara (Sultra). Asrun memberikan apresiasi kepada instansi tersebut, lantaran memberikan bantuan alsintan kepada petani di Kota Kendari untuk meningkatkan produktifitas mereka.

“Saya berfikir alsintan ini tidak yang kecil-kecil, tetapi kita bikin UPT atau BLU baru kita belikan yang besar-besar yang pakai mekanisasi, mulai dari cara menanam dan panen yang menggunakan mesin dan ini digunakan melayani masyarakat, kalau rusak UPT ini yang menangani sehingga bisa awet dan digunakan dalam jangka panjang” jelas Asrun, Senin (28/9/2015).

Menurutnya, cara bertani masyarakat secara manual membuat produksi padi juga terbatas, sebab satu rumah tangga hanya mampu mengolah maksimal 1 hektar sawah. Namun jika dilakukan secara mekanisasi produksinya bisa berlipat ganda.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Kendari Zainal Arifin menuturkan bantuan alsintan yang diberikan pada petani meliputi beberapa jenis diantaranya dari 4 unit traktor tangan, pompa air dan lantai jemur, termasuk bibit jagung dan kedelai.

“Ada juga kegiatan penanaman padi jagung kedelai (pajale), penanaman jagung 347,5 hektar dan kedelai 225 hektar tersebar di 4 kecamatan di Kota Kendari, kemudian sumur tanah dalam dan sumur tanah dangkal serta lantai jemur sebanyak 5 unit,” jelas Zainal.

Zainal berharap bantuan yang diberikan pada para petani bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian mereka khususnya tanaman pajale.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com