Tampilan Desktop


Petani di Konsel Banjir Bantuan dari Menteri Pertanian
165 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO- Menteri Pertanian (Mentan) RI, Amran Sulaiman memberikan bantuan alat mesin pertanian (Aksinta) sebanyak 34 unit hand traktor kepada petani di Konawe Selatan (Konsel), usai panen raya padi di desa Lere, Kecamatan Basala, Sabtu (24/10/2015).

Menteri juga memberikan bantuan pupuk dan pompa air kepada sejumlah petani di daerah itu.

Amran Sulaiman melakukan panen raya padi pada sawah seluas 1.603 hektar. Ia didampingi Gubernur Sultra, Nur Alam, Pj. Bupati Konsel, Irawan Laliasa dan sejumlah pejabat lainnya.

Meneteri mengatakan, kedepan pihaknya akan menyelesaikan proyek irigasi tersier primer dan sekunder yang bekerja sama dengan Pekerjaan Umum (PU). Anggarannya telah disiapkan sebanyak Rp. 6 triliun

“Kemudaian juga ada anggaran  di Kementerian Pertanian (Kementan) RI yang merupakan Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp.10 triliun,” katanya.

Untuk wilayah Sultra pada tahun lalu mendapatkan anggaran sebanyak Rp.65 miliar. Namun ditahun ini akan diberikan Rp. 845 miliar. Hal itu dinaikkan karena pihaknya akan mengembangkan pertanian di wilayah timur Indonesia.

“Tahun 2016 ada pembangunan sawah sebanyak 200 ribu hektar dan  yang berpotensi untuk dikembangankan adalah Sultra. Tadi ada usulan 12 ribu hektar dan Insya Allah kami akan realisasikan 2016, bila perlu kita tambah lagi yang penting petaninya, kadis, bupati dan gubernur bersedia merealisaikan anggarannya,” kata menteri kelahiran Bone, Sulawesi Selatan ini.

Mentan berharap agar petani  yang ada di daerah itu bergandengan tangan turun ke sawah untuk kerja keras.

Sementara itu, Pj Bupati Konsel Irawan Laliasa mengatakan, pada tahun 2016 pihaknya mendapatkan bantuan tambahan pertanian seluas  450 hektar . Untuk itu, pihaknya bersama legislatif setempat akan terus berkoordinasi dengan pihak Kementan RI sehingga produksi padi terus meningkat, sebab 89 persen masyarakat Konsel adalah petani.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com