Tampilan Desktop


Pil Kontrasepsi Terbukti dapat Mencegah Kanker Rahim
43 Dibaca

ZONASULTRA.COM – Menggunakan kontrasepsi oral, yang biasa disebut dengan pil, dapat berikan perlindungan jangka panjang dari kanker rahim. Tidak hanya itu, para ilmuwan telah memastikan, semakin lama digunakan maka semakin besar penurunan risikonya.

Dikutip Reuters, dari semua analisis terhadap bukti yang ada, para peneliti mengatakan, diperkirakan sekitar 400 ribu kasus kanker rahim telah dicegah dengan penggunaan pil kontrasepsi di negara-negara makmur dalam 50 tahun terakhir, termasuk sekitar 200 ribu kasus kanker dalam satu dekade terakhir ini.

“Efek perlindungan kuat dari kontrasepsi oral terhadap kanker endometrium, yang terjadi selama beberapa dekade setelah menghentikan penggunaan pil, berarti, jika perempuan menggunakan pil ketika mereka berusia 20-an bahkan lebih muda mereka akan terus mendapatkan keuntungan ketika berusia 50-an dan lebih tua, yakni ketika kanker menjadi lebih umum (terjadi),” kata Valerie Beral, profesor di Universitas Oxford Inggris yang ikut memimpin penelitian seperti dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (9/8/2015).

Beral mengatakan, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pil juga melindungi dari kanker ovarium. “Dulu orang merasa khawatir jika pil dapat menyebabkan kanker, tetapi dalam jangka panjang pil dapat mengurangi risiko terkena kanker.”

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal The Lancet Oncology tersebut, Beral mengumpulkan data dari sekitar 27.276 perempuan yang mengidap kanker endometrium pada 36 di Amerika Utara, Eropa, Asia, Australia, dan Afrika Selatan.

Mereka menggunakan hampir semua bukti epidemiologi yang pernah dikumpulkan terhadap efek kontrasepsi oral.

Mereka menemukan, untuk setiap lima tahun dari penggunaan pil, risiko kanker endometrium berkurang sekitar seperempat.

Sementara, di negara-negara berpenghasilan tinggi, mereka menemukan, sepuluh tahun penggunaan kontrasepsi oral dapat mengurangi risiko terkena kanker endometrium sebelum usia 75, dengan rincian yakni dari 2,3 sampai 1,3 kasus per 100 pengguna.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com