Tampilan Desktop


Pilbup Muna, 62 Persen DPT Gunakan Hak Pilih
239 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RAHA-Partisipasi masyarakat Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) yang menyalurkan hak pilihnya dalam Pilkada serentak Kabupaten Muna 2015, mencapai 62 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 162.607 orang.

Capaian partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi ini, turun dari target Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna, yang sebelumnya menargetkan 70 hingga 80 persen.

Komisioner KPUD Muna, Sulaeman Loga mengatakan, partisipasi masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan menggunakan hak pilih, sebenarnya tinggi. Namun kebanyakan masalahanya terletak pada DPT.

“Banyak orang-orang yang namanya ada di DPT tapi tidak berada ditempat, “kata dia.

Kondisi masyarakat Kabupaten Muna yang banyak berangkat keluar daerah, baik untuk berkerja atau kuliah, kata mantan anggota Ombusman Sultra ini, menjadi penyebab banyaknya wajib pilih Muna yang tidak menggunakan hak pilih. Untuk menertibkan DPT Muna dengan menghapus nama-nama yang meninggalkan tempat, kata Sulaeman, pihaknya pernah mengkonsultasikannya dengan Bawaslu. Ternyata, Bawaslu melarang KPU menghilangkan nama-nama tersebut. Alasannya, tidak menutup kemungkinan, warga yang sebelumnya keluar daerah tersebut pulang.

“Kalau diperhatikan hampir semua orang memilih. Dari 1000 orang yang ada di DPT, 800 orang yang mencoblos, “ujarnya.

 

Penulis : Lily
Editor : Kiki

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com