Tampilan Desktop


Pilkada 2015 Belum Kelar, KPU Siapkan 7 Daerah Pilkada Sultra 2017
151 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI –  Proses pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2015 belum selesai, namun ancang-ancang persiapan Pilkada 2017 juga sudah mulai dipersiapkan KPU Sulawesi Tenggara (Sultra). Tujuh daerah yang akan menggelar Pilkada serentak tahun 2017 yakni Kendari, Buton, Kolaka Utara, Bombana dan 3 daerah otonomi baru; Muna Barat, Buton Tengah, dan Buton Selatan.

Komisioner KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib, mengatakan tepatnya pelaksanaan Pilkada akan dilangsungkan Februari 2017 dan tahapannya dimulai 1 tahun sebelumnya yakni pada awal 2016. Dengan demikian, penyiapan rencana kerja dan anggaran (RKA) sudah harus disiapkan dari bulan September ini.

“Khusus Untuk  DOB yang saat ini belum ada KPU-nya maka RKA disusun oleh KPU Sultra. Tapi 4 kabupaten lainnya, KPU setempat sudah harus berkordinasi dengan pemerintah daerah dan DPRDnya, agar anggaran itu masuk dalam RAPBD (Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) 2016 yang pembahasannya Oktober atau November tahun ini,” Kata Ojo sapaan akrab La Ode Abdul Natsir Muthalib di sekretariat DPRD Sultra, Jum’at (11/9/2015).

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah, lanjut Ojo, seharusnya memiliki keseriusan terutama menyiapkan waktu untuk membahas usulan KPU sehingga pelaksanaanya di awal 2016 tidak ada kendala seperti Pilkada 2015. Ojo berharap, proses komunikasi antara KPU dan pemerintah daerah berjalan dengan baik sehingga anggaran sudah ada pada APBD 2016.

“Jangan sampai terulang masalah yang ada di Pilkada 2015. Seperti KPU sampai memberi penegasan jika anggaran tidak tercukupi atau NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah) tidak ditandatangani maka Pilkada diundur,” kata Ojo.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com