Tampilan Desktop



Pilkada 2018, Sejumlah Daerah Disarankan Lakukan E-Voting
61 Dibaca

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018 dibeberapa daerah akan menggunakan electronic voting (e-voting) dalam pemungutan suara. Hal ini diungkapkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Amirul Tamim yang juga terlibat dalam Panitia Khusus (Pansus) Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu.

Amirul Tamim

Amirul Tamim

“Kalau memungkinkan kita sepakati Pilkada 2018 ya mungkin nanti kita minta beberapa daerah yang dicoba, seperti pemilihan kepala desa sudah coba menggunakan e-voting,” ujar Amirul Tamim saat ditemui di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Rabu sore (29/3/2018).

Ia mengungkapkan bahwa sebanyak 526 desa di Indonesia sudah pernah mengaplikasikan e-voting dalam pemilihan kepala desa dan hasilnya cukup optimal. Sementara untuk penerapan pilkada tahun depan, anggota Komisi II DPR ini masih mempertimbangkan terkait waktu persiapannnya.

“Pilkada serentak 2018 e-voting bisa kita sarankan tapi apakah dalam satu tahun ini bisa disiapkan untuk itu,” pungkasnya.

Apalagi wilayah nusantara belum semuanya terkoneksi jaringan internet serta kendala-kendala teknis lainnya. Menurut Amirul Tamim yang perlu diusahakan yaitu e-counting, untuk menghitung hasil pemungutan suara yang manual jika e-voting belum bisa dilakukan.

Amirul Tamim telah melakukan kunjungan ke beberapa negara seperti Jerman dan Meksiko untuk studi banding pelaksanaan pemilihan pemilu di negara tersebut. (B)

 

Reporter : Rizki Arifiani
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free