Tampilan Desktop


Pilkades Serentak di Konsel Digelar 25 Maret
305 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Sebanyak 85 desa di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 25 Maret 2016 mendatang.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Konsel, Syaifullah mengatakan, sejauh ini pihaknya telah menyiapkan persiapan yang matang. Bahkan pemerintah setempat telah menganggarkan Rp 1,3 miliar untuk pilkades serentak.

BPMD Konsel Wajibkan Bumdes di Seluruh Desa

Saifullah

Dikatakan, saat ini peraturan bupati (Perbup) tentang pilkades baru mencapai 98 persen. Kemungkinan finalisasi perbub akan dilakukan pada Senin (7/3/2016) mendatang.

“Regulasi sudah ada, tinggal finalisasinya. Bahkan Surat Keputusan (SK) semua sudah siap,” kata Syaifullah, Kamis (3/3/2016)

Dalam perbup itu, lanjut Syaifullah, akan dimuat muatan-muatan lokal yang sesuai dengan keadaan desa. Sebab, desa di Konsel heterogen, ada daerah trans, pribumi dan campuran.

Dia mencontohkan muatan lokal yang dimaksud yaitu ada kepala desa sudah menjabat kurang lebih 3-4 tahun tiba-tiba ada pemilihan calon legislatif (Pilcaleg) kemudian ikut. Ketika itu si caleg tidak terpilih, apakah bisa ikut calon lagi untuk tahun ini?

Menurut dia, hal itu diatur dalam perbub karena jangan sampai setelah jadi kepala desa jabatan itu dimain-mainkan. Artinya baru jadi kades sudah ikut pilcaleg. Apalagi masa jabatan kades itu 6 tahun.

Selain itu, pihaknya juga akan membahas tentang calon kades yang pernah masuk penjara.

“Kita upayakan, karena hak politik setiap orang ada, itu yang kita hargai. Sehingga kita lagi membahas¬† untuk difinalkan, kalau memang bisa itu menjadi kesepakatan bersama, kalau tidak itu juga kesepakatan semua. Ini persyaratan teknis yang itu akan difinalkan,” terangnya.

 

Penulis: Irfan Mualim
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com