Tampilan Desktop



Pilwali Rawan PSU, Tim Derik-Syahriah Warning KPU Bersihkan Pemilih Ganda
68 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tim Pemenangan Muhammad Zayat Kaimoeddin-Suri Syahriah Mahmud (Derik-Syahriah) mendesak KPU Kota Kendari segera membersihkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari adanya pemilih ganda.

 Pilwali Rawan PSU, Tim Derik-Syahriah Warning KPU Bersihkan Pemilih Ganda

Ilustrasi

Tim Advokasi Derik-Syahriah, LM. Bariun mengatakan jika pemilih ganda tidak dibersihkan maka dipredikasi akan terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU) dalam pemilihan walikota Kendari 2017. Kegandaan DPT adalah masalah serius yang selalu menyebakan PSU di beberapa daerah Pilkada sebelumnya.

“Ada 4 hal pokok kategori pelanggaran berat dalam pemilu, yaitu masalah DPT, keberpihakan penyelenggara, mobilisasi PNS, dan money politik. Tetapi yang paling vital adalah tentang DPT karena terkait hak suara yang dijamin undang-undang,” kata Bariun di Kendari, Selasa (10/1/2017).

Temuan pemilih ganda dalam DPT merupakan hal yang aneh sebab sebelum penetapan DPT 6 Desember 2016 telah dilakukan pemutakhiran data pemilih dari berbagai tingkatan di KPU sejak Agustus sampai Desember 2016. Olehnya kata Bariun, dapat disimpulkan bahwa KPU tidak profesional.

Ketidakprofesionalan KPU ini sangat disayangkan karena telah menghabiskan anggaran melalui pelatihan dan bimbingan teknis di hotel-hotel berbintang. Namun kini faktanya kinerjanya tidak efektif soal pemutakhiran daftar pemilih.

Lanjut Bariun, saat ini KPU Kendari dicurigai memiliki kepentingan khusus dengan pemerintah kota melalui lurah dan camat saat pemutakhiran daftar pemilih. Sebab jika tidak ada kepentingan terselubung maka DPT saat ini yang berjumlah 179.414 pasti tidak ada masalah. (B)

 

Reporter : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

1 Comment

  1. Andikolut 10 Januari 2017 at 7:14 pm

    Mohon polling cabup kolut ditayangkan juga mksh

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free