Tampilan Desktop


PIN Polio di Buton Dilaksanakan Serentak di 13 Puskesmas
79 Dibaca

PIN Polio di Buton Dilaksanakan Serentak di 13 Puskesmas

PENCANANGAN POLIO : Nampak dari kiri kepala Dinas Kesehatan Buton Sumardin, Bupati Buton Samsul Umar Samiun, Wakil Bupati Buton La Bakry, dan Kapolres Buton Wibowo, saat menghadiri pencananggan kegiatan PIN Polio di Desa Matanauwe kecamatan Siotapina Kabupaten Buton, Selasa (8/3/2016)(Nanang/Zonasultra.com)

 

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO– Pekan Imunisasi Nasonal (PIN) Polio yang hari ini resmi dicanangkan serentak secara nasional di seluruh Indonesia. Untuk di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), dilaksanakan serentak di 13 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Untuk pencanangan PIN Polio tingkat kabupaten di pusatkan di desa Matanuwe, Kecamatan Siontapina, Selasa (8/3/2016) pagi tadi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Buton Sumardin menjelaskan, program imunisasi merupakan salah satu progran kesehatan yang paling efektif dalam pembangunan kesehatan. Utamanya dalam pengendalian penyakit, yang dapat dicegah melalui imunisasi.

Kegiatan ini penting dilakukan sebagai upaya dalam memberikan perlindungan optimal dari penyakit polio pada khususnya di Kabupaten Buton.

“Tahun ini kita mentargetkan untuk PIN Polio di atas 95 persen dan target pencapaian tahun ini minamal 95 persen untuk kabupaten Buton,” kata Sumardin.

Lebih lanjut dikatakan, melalui PIN nantinya semua anak balita diberikan imunisasi polio agar mendapatkan kekebalan tubuh.

Menurut Sumardin, untuk menuju bebas polio tahun 2020 mendatang, terdapat 4 tahapan yang harus dilakukan yaitu melaksanakan PIN polio, pergantian vaksin trivalen OPv ke bivalen OPv, pemakaian vaksin injeksi polio (IPV) dan penguatan cakupan imunisasi rutin secara tinggi dan merata.

Untuk diketahui, di kabupaten Buton terdapat 12.508 balita dari usia 0 sampai 59 bulan yang akan diimunisasi polio tahun ini.

 

Penulis : Nanang
Editor  : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com