Tampilan Desktop



Pisjo Cake, Pilihan Oleh-oleh Khas Kendari
83 Dibaca

Pisjo Cake, Pilihan Oleh-oleh Khas Kendari PISJO CAKE – Owner Pisjo Cake Arzeti Bilbina saat menyerahkan Pisjo Cake kepada pelanggan saat acara Fashion Ethnic Carnival di Lippo Plaza Kendari, Sabtu (7/10/2017). (Sitti Nurmalasari/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pisang Ijo (Pisjo) Cake kini menjadi salah satu pilihan oleh-oleh khas Kendari untuk sanak keluarga, teman, sahabat, dan rekan kerja.

Owner Fresh House Kendari Alfin mengatakan pisang ijo (pisjo cake) adalah salah satu makanan lokal yang dikreasikan dari pisang ijo dikombinasikan dengan cake. Tidak hanya sekadar oleh-oleh bahan mentah, tapi bagaimana diolah menjadi bahan jadi yang dapat langsung dinikmati.

Dia menyebutkan pisjo cake yang menjadi favorit adalah Pisjo Cake Keju, Pisjo Cake Red Velvet, Pisjo Cake Greentea. Pisjo cake dibanderol dengan harga murah sehingga dapat dijangkau oleh semua segmen pasar.

“Jadi orang-orang yang berwisata biasanya akan membawa oleh-oleh. Nah, Pisjo Cake mencoba menjawab tantangan itu,” ujar Alfin saat diwawancarai di Kendari, Senin (9/10/2017).

Saat bicara destinasi wisata, tidak sebatas tempatnya, tetapi juga harus mengangkat produk-produk kuliner lokal untuk diolah menjadi oleh-oleh. Mengingat, animo masyarakat atau wisatawan dalam mencari produk kuliner lokal sangat tinggi.

Alfin menginginkan Pisjo Cake dapat bermitra dengan pihak pemerintah, karena jika tidak dikomunikasikan, belum tentu masyarakat dapat mengetahui keberadaannya. Menjadi kewajiban dari pemerintah daerah untuk membina pelaku usaha lokal.

Dia berharap dengan adanya produk Pisjo Cake pelaku usaha yang mengolah produk lokal lainnya bisa bertumbuh. Karena, brand di Kendari sangat minim sekali dibanding daerah lainnya. Padahal potensi produk lokal banyak yang belum digarap.

“Kenapa kerupuk udang kerupuk ikan terkenal di Sidoarjo padahal ikannya dari Kendari, kenapa di Kendari justru tidak ada. Itu maksud saya perlu didorong supaya ada dinamika dan tumbuh kreafitas di daerah,” tambahnya.

Sementara, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Provinsi Sultra, M Oktrisman Ballagi menambahkan, kuliner merupakan bagian dari pariwisata. Untuk itu, Pisjo Cake adalah salah satu makanan khas daerah yang dikembangkan dan dikreatifitaskan untuk menjadi cendramata atau oleh-oleh ketika berkunjung ke Kendari. Selain itu, untuk meningkatkan ekonomi dan memberdayakan masyarakat Sultra khususnya Kendari.

“Dan juga meningkatkan perbendaharaan kuliner di Sultra bukan cuman mete, bagea dan lainnya,” tutupnya. (B)

 

Reporter: Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free