Tampilan Desktop


Pj Bupati Konsel Lepas 32 Calhaj, Umur Tertua 76 Tahun
17 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Sebanyak 32 orang calon jamaah haji asal Kabupaten Konawe Selatan (Konsel)  Sulawesi Tenggara (Sultra), hari ini, Senin (7/9/2015) dilepas keberangkatannya oleh Penjabat (Pj) Bupati Konsel, Irawan Laliasa.

Kepala Kantor Kementerian Agama Wilayah (Kakanwil) Konsel, Ahmad Lita R  mengatakan, secara keseluruhan jumlah calon jamaah haji dari Konsel ada 35 orang, namun yang dapat diberangkatkan hanya 32 orang saja. Tiga orang lainnya mengalami sakit parah dan berdasarkan hasil pemeriksaan dokter mereka tidak diizinkan untuk berangkat.

“Yang tidak berangkat itu sebanyak tiga orang dikarenakan sakit, sebenarnya jumlah secara keseluruhan yakni 35 orang. Sehingga digantikan oleh nomor porsi yang berada di bawahnya lagi, kebetulan nomor porsi itu berada di kabupaten lain,” kata Ahmad ditemui di Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Konsel, Senin (7/9/2015).

Ketiga orang tersebut, lanjutnya jika hendak berangkat tahun depan, maka tinggal melapor saja ke pihak terkait untuk diberangkatkan.

Sementara itu, 35 jemaah haji yang berangkat tahun ini merupakan para pendaftar yang telah menunggu selama lima tahun yakni pendaftar di tahun 2010.

“Untuk usia termuda yakni 31 tahun dan tertua ialah 76 tahun. Mereka berlatar belakang pegawai negeri, swasta dan tani tetapi didominasi oleh ibu rumah tangga,” terangnya.

Ahmad berharap jamaah haji Konsel tetap dalam kondisi sehat sehingga bisa menjalankan ibadah dengan tenang dan pulang ke daerah dalam keadaan sehat. Dia juga berharap, para jamaah haji itu selalu menjaga kekompakan dan saling memperhatikan ketika berada di tanah suci.

Sementara itu, Pj Bupati Konsel, Irawan Laliasa mengungkapkan keinginannya untuk memberikan bantuan dana bagi para jemaah haji tersebut berupa transpor lokal ke Makassar. Namun, hal itu belum dilakukan lantaran tidak dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Tidak dianggarkan oleh APBD, minimal saya berusaha bersama-sama di bandara untuk mengatar.  Terkait bantuan secara pribadi biarkan saya yang tahu dengan Tuhan. Yang jelas saya tahu itu tidak ada dalam APBD,” tegasnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com