Tampilan Desktop


Pj Bupati Mubar Serahkan Bantuan Kepada Warga Korban Angin Puting Beliung
100 Dibaca

bantuanangin-puting-beliung

BENCANA ALAM – Pj Bupati Muna Barat (Mubar) Rony Yakob Laute saat memberikan bantuan langsung kepada salah satu korban bencana angin puting beliung di Desa Katobu, Kecamatan Wadaga, Sabtu (24/12/2016). Foto: Dokumentasi Pribadi Pj Bupati Muna Barat. (Ilham Surahmin/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Penjabat (Pj) Bupati Muna Barat (Mubar) Rony Laute memberikan bantuan langsung kepada korban angin puting beliung di Desa Katobu, Kecamatan Wadaga, Sabtu (24/12/2016).

Bantuan yang diberikan saat ini berupa pakaian sesuai dengan dana yang ada di BPBD. Rony mengatakan, hari ini pihaknya bersama dengan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mubar serta Sekretaris Daerah (Sekda) Mubar memberikan bantuan ke masyarakat yang terkena bencana tersebut.

“Mereka bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini,” ungkap Rony melalui whatsapp mesengger kepada pihak zonasultra.com.

Selain memberikan bantuan, Kepala Biro Layanan Pengadaan (BLP) Setda Sultra ini juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspda saat memasuki musim penghujan untuk wilayah desa rawan bencana dan kepulauan.

Sementara untuk perbaikan rumah warga, pihaknya mengikuti mekanisme yang ada, karena saat ini BPBD tengah melakukan pendataan kerusakan rumah warga dan untuk nilainya adalah kewenangan pusat.

“Kemungkinan paling lambat satu bulan bantuan akan diturunkan sehingga perbaikan rumah akan menyeberang tahun 2017 mendatang,” terangnya.

Rony juga mengerahkan BPBD untuk standby di wilayah daratan Mubar di musim penghujan yang diikuti angin kencang, agar mengantisipasi keadaan rumah jika ada indikasi roboh untuk segera meminta warga menghindar atau memperbaikinya agar lebih kuat.

Untuk penanganan lebih lanjut, Pemda Mubar juga langsung mengadakan acara pelatihan pramuka, pelatihan ini untuk penanganan bencana agar membantu pemerintah dalam hal bencana. Pelatihan ini akan berlangsung selama 7 hari untuk mengisi waktu liburan pelajar yang akan dilaksanakan di Kecamatan Kambara.

Berita Terkait : Diterjang Angin Puting Beliung, Empat Rumah Warga Mubar Roboh

Sebelumnya, telah diberitakan, musibah puting beliung ini terjadi pada hari Selasa, 20 Desember 2016 lalu. Kemudian berdasarkan data BPBD setempat, jumlah rumah yang mengalami kerusakan kini sudah mencapai 45 unit dengan kategori rusak parah dan rusak ringan.

Di Pulau Maginti, Desa Bangko ada 14 rumah rusak ringan dan 6 rumah rusak parah, bahkan ada rumah yang sudah diterbangkan angin. Sedangkan di Kecamatan Wadaga ada 4 rumah rusak parah rata dengan tanah, di Nihi 1 rumah rata dengan tanah serta di Tanjung Pinang laporan yang baru diterima ada 20 rumah dengan status 9 rusak parah, 11 rusak ringan. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free