Tampilan Desktop


PKK Kota Kendari Ukir Prestasi di Tingkat Nasional
114 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Untuk pertama kalinya Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kota Kendari mengukir prestasi di tingkat nasional dalam lomba pelaksana terbaik lomba PKK-KB-Kesehatan (PKK-KB-KS), Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS), Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di rumah tangga dalam rangka Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke XXIII tahun 2016 di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Boy Asis

Boy Asis

Sebelum ditetapkan sebagai pemenang, kota Kendari masuk dalam nominasi 6 besar, kemudian dilakukan verifikasi penilaian ulang oleh tim PKK pusat yang langsung melakukan penilian di kota Kendari dan hasilnya menetapkan PKK kota Kendari meraih posisi harapan satu, dan ini merupakan kemenangan perdana bagi kota Kendari di tingkat nasional untuk bidang PKK-KB-KS.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluaraga Berencana (BP3AKB) Kota Kendari Boy Asis mengungkapkan, jika ini merupakan hasil kerja keras tim penggerak PKK kota Kendari dan BP3AKB kota Kendari, terutama bagi PKK di Kecamatan Abeli, Kelurahan Tobimeita karena daerah ini merupakan kelurahan yang mewakili kota Kendari dalam ajang penghargaan nasional tersebut.

“Persiapan yang kami lakukan ya memenuhi semua syarat dan ketentuan yang menjadi penilain dalam lomba, seperti peningkatan pelayanan kesehatan, pelayanan akseptor baru, posyandu dan pemberdayaan kader kelurahan,” ungkap Boy Asis saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (22/7/2016).

Sesuai dengan jadwal dalam surat keputusan lomba dari pusat, penerimaan penghargaan ini akan dilangsungkan pada tanggal 30 Juli 2016 di Kupang, NTT, dimana sebelum acara puncak penerimaan penghargaan pihaknya akan mengikuti kegiatan pameran yang akan berlangsung pada tanggal 29 Juli 2016 dilokasi yang sama. Sedangkan untuk kategori yang dimenangkan oleh kota Kendari adalah Prakarti Madya I.

Sementara itu, Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan (KB-KS) BP3AKB kota Kendari Sitti Maemuna mengungkapkan jika keberhasilan ini merupakan kerjasama antara tim penggerak kelurahan, kecamatan, kota Kendari yang dibina langsung ibu Walikota Kendari Sri Yastin sehingga pihaknya dapat meraih gelar tersebut.

Untuk diketahui, ditahun 2015 Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) meraih rangking satu sebagai peserta KB baru dan aktif terbanyak untuk alat kotrasepsi jangka panjang seperti implan (susuk) dan ayudi (spiral). Dan untuk kota Kendari menduduki posisi pertama dengan presentase 10,836 ribu peserta dari 17 kabupaten/kota lainnya di Sultra. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Rustam

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com