iklan zonasultra

Planet Venus dan Jupiter Dapat Terlihat di Langit Baubau

Planet Venus dan Jupiter Dapat Terlihat di Langit Baubau
PLANET - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Baubau belum lama ini melalui akun Facebook resminya menuliskan sebuah pemberitahuan untuk warga internet (warganet) khususnya di Wilayah Baubau. (Foto : Facebook BMKG Baubau)

ZONASULTRA.COM, KENDARIBadan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Baubau belum lama ini melalui akun Facebook resminya menuliskan sebuah pemberitahuan untuk warga internet (warganet) khususnya di Wilayah Baubau.

Postingan yang dikirim, Rabu (13/2/2019) sekitar pukul 17.24 WITA itu telah mendapatkan like sebanyak 254, 15 komentar dan 81 kali dibagikan. Kiriman ini berisikan pemberitahuan tentang munculnya fenomena benda langit, yakni masyarakat Baubau dapat melihat Planet Venus dan Jupiter.

“#mengenalbendalangit Warganet Baubau… jika pada shubuh hari anda melihat ke langit Timur, anda akan dapat melihat dua benda langit (seperti bintang) yg cukup cemerlang. Ya.. itu adalah Planet Venus dan Planet Jupiter yg dpt kita lihat hingga beberapa pekan ke depan,” tulis akun BMKG Baubau.

iklan zonasultra

Salah satu netizen, Rusmankhan mengatakan pada kolom komentar jika fenomena ini adalah petunjuk bagi para nelayan. “Petunjuk ut para nelayan dlm hal mendapatkan hasil tangkapannya,” tulis Rusman.

Kemudian, ada pula netizen LA Dala Sirullah menuliskan ini adalah “Bintang penunjuk arah dari kabaena kebau bau,” katanya.

Amir, netizen lainnya, mengatakan ia setiap hari meliat benda langit tersebut. “Iya setiap subuh saya liat,” ungkapnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, Planet Venus dan Jupiter merupakan benda langit yang dapat dilihat dengan mata telanjang atau tanpa teleskop dar Bumi.

Dikutip dari bobo.grid.id disebutkan Planet Venus adala planet yang sering disebut sebagai bintang kejora karena planet ini terlihat seperti bintang yang bercahaya sangat terang. Sementara itu Jupiter ada planet yang terlihat seperti bintang tak berkedip dan sangat terang. Benda langit paling terang adalah Matahari, lalu Bulan, Venus, dan Jupiter.

Pada situs infoastronomy.org dikatan bahwa Planet Venus merupakan planet dalam yang mengelilingi matahari pada orbit Bumi. Sehingga, orang hanya bisa melihat Venus di langit timur saat dini hari dan langit barat saat senja serta tidak bisa terlihat di tengah malam hari. (B)

 


Reporter: Ilham
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib