Tampilan Desktop


Pleno KPU, Tentram Perkasa di 10 Kecamatan
628 Dibaca

ZONASULTRA.COM, TIRAWURA – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perolehan suara pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara (Sultra) berlangsung di halaman sekretariat KPUD setempat, Kamis (17/12/2015).

Pasangan Tony Herbiansyah-Andi Meria Nur (Tenram), keluar sebagai peraih suara terbanyak pada pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember lalu.

Tentram unggul di 12 Kecamatan yakni, Uluiwoi, Uesi, Mowewe, Lalolae, Tinondo, Tirawuta, Loea, Poli-polia, Lambandia, dan Kecamatan Aere. Sementara dua kecamatan seperti Kecamatan Ladongi dan Dangia dimenangkan oleh pasangan Muhammad Buddu-Ridwan Basnapal (Mubarak) dengan selisih suara sangat sedikit dengan Pasangan Tentram.

Rapat pleno yang disaksikan langsung oleh Ketua Badan Pengawaas Pemilu (Bawaslu) Sultra Hamiruddin Udu berjalan dengan lancar. Meski sempat diwarnai dengan intruksi dari saksi Paslon Wajyu Ade Pratama-Idul Fitri Syam, yang memprotes adanya pelanggaran dalam pendistribusian surat suara yang melebihi jumlah DPT serta surat suara cadangan.

“Kalau ada pelanggaran yang ditemukan, maka dipersilahkan saja untuk mengajukan di mahkamah konstitusi. Kalau kemudian menerimanya, kita akan ikut apa yang telah diputuskan nanti,” Kata Ketua KPU Koltim, Darwis usai pleno. Kamis (17/12/2015)

Terkait dengan kelebihan surat suara saat pendistribusian, Darwis menganggap hal itu murni kesalahan penyelenggara yang dianggapnya lalai dan salah dalam melakukan perhitungan. Namun demikian, dari hasil rekapitulasi suara sah pasangan calon, semua saksi tidak mempersoalkan dan hanya memprotes kelebihan suara saja.

“semua penyaluran surat suara mungkin kemampuan teman-teman yang masih baru, ada kalanya tersusun lalu tidak diperhatikan, kemudian mungkin karena Koltim baru pertama kalinya melaksanakan Pemilukada, selain itu karena staf kita yang kurang dan cappek, makanya tidak sempurna lagi pula, pendistirbusian surat suara selama ini, kami selalu mengacu pada jumlah DPT serta tambahan 2,5 persen,” imbuhnya

Adapun perolehan pasangan calon dari hasil pleno rekapitulasi tingkat kabupaten yaitu, Paslon nomor urut 1 Syamsu Alam-Farida Herianti (Safari)berhasil mengumpulkan 2,210 suara dengan presntase 3,34 persen.

Pasangan nomor urut 2 Tony Herbiansyah-Andi Merya Nur (Tentram) memperoleh 28.199 suara atau sekitar 42,61 persen, Muhammad Buddu-Ridwan Basnapal (Mubarak) dengan perolehan 16.286 atau 24,61 persen suara.

Sementara paslon Wahyu Ade Pratama-Idul Fitri Syam (Wahid) hanya memperoleh suara sebanyak 19.490 atau 29,45 persen suara.

Penulis : Restu

Editor : Kiki

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com