Tampilan Desktop



Plt Gubernur Sultra: Kader PKK Ujung Tombak Pembangunan
60 Dibaca

Plt Gubernur Sultra: Kader PKK Ujung Tombak Pembangunan KADER PKK – Saleh Lasata saat meresmikan pembukaan Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Sultra di Lapangan 19 November, Kolaka, Sabtu (26/8/2017). (Ilham Surahmin/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Saleh Lasata menyatakan, kader Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan bagaian dari pembangunan kabupaten/kota masing-masing daerah melalui peningkatkan kesejahteraan kelompok sosial di masyarakat.

Hal itu dikemukakan Saleh Lasata dalam sambutannya saat meresmikan pembukaan Jambore Kader PKK tingkat Provinsi Sultra di Lapangan 19 November, Kolaka, Sabtu (26/8/2017).

“Mereka itu ujung tombak pembangunan kita di daerah. Jadi Pemda harus membantu mereka, baik moril ataupun materil,” kata Saleh Lasata.

Salah satu contoh yang diberikan mantan Bupati Muna dua periode itu yakni, bagaimana kader PKK mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan kelompok sosial terkecil yakni keluarga.

Meskipun merupakan kelompok kecil dalam masyarakat, tapi bagi Saleh, keluarga adalah wadah sosial yang cocok untuk memupuk rasa kebersamaan sejak dini untuk menumbuhkan semangat dan motivasi mereka agar ikut terlibat dalam proses pembangunan daerah.

Selain itu, PKK pun berperan aktif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada bidang ekonomi, kesehatan dan sosial budaya.

Di bidang ekonomi misalnya dapat dilakukan melalui kegiatan ekonomi kreatif seperti menciptakan kerajinan tangan yang bernilai ekonomis.

Kemudian bidang kesehatan, seperti bagaimana memanfaatkan alam sebagai sumber obat, tata cara hidup sehat dan sosial budaya seperti menjaga kearifan lokal.

“Meskipun banyak yang sinis dan berkata tidak baik tentang PKK, tapi saya yakin mereka mampu menjadi bagian dari pembangunan kita dan itu tak bisa dipungkiri, dari hal kecil menjadi besar,” pungkasnya.

Sementara itu, Pelaksana harian (Plh) Tim PKK Provinsi Sultra Itoh Tohariah dalam laporannya menyampaikan apresiasi kepada kabupaten Kolaka sebagai tuan rumah sudah melakukan persiapan pembukaan yang luar biasa.

Pada kesempatan ini juga, Itoh mengharapkan semua tim PKK kabupten/kota dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik seperti lomba kesenian, program kesehatan dan devile pasukan.

“Seluruh pembiayaan kegiatan ini tertuang dalam APBD kabupaten Kolaka dan DPA Dinas Pembedayaan Masyarakat Desa Provinsi Sultra,” ujarnya. (B)

 

Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Abdul Saban

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free