PMI Buton Kekurangan Stok Darah

0
Ketua Unit Trafusi Darah (UTD) Buton Ramli Code
Ramli Code

ZONASULTRA.COM, PASARWAJO -Memasuki bulan suci ramadhan 1438 hijriah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), sangat kekurangan stok kantung darah.

Ketua Unit Trafusi Darah (UTD) Buton Ramli Code
Ramli Code

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Buton Samsu Umar Abdul Samiun, melalui Ketua Unit Trafusi Darah (UTD) Buton Ramli Code, mengatakan sebenarnya pihaknya baru saja melakukan donor darah dua hari sebelum puasa. Namun tetap kekurangan stok darah.

“Kemarin dua hari sebelum puasa, kita melakukan donor darah bersama Telkomsel, Akper Buton dan SMPN I Kota Baubau, yang bertempat di Kota Mara Kota Baubau,” ucap Ramli Code, saat ditemui kantor Bupati Buton, Senin (29/5/2017).

Menurut Ramli Code, dalam kegiatan donor darah tersebut, jumlah kantong darah yang terkumpul lebih kurang 40 buah kantung darah.

“Biasanya kita dalam sebulan menghabiskan lebih kurang 150-200 buah kantung darah. Jadi ini jelas, kita masih sangat kekurangan stok kantung darah di Buton. Walaupun kemarin kita berharap bisa mencukupi selama satu bulan,” katanya.

Baca Juga : Ramadhan, PMI Jamin Stok Darah Cukup

Sebenarnya, lanjut dia, tidak ada darah di kantor itu tidak jadi masalah, karena ada namanya Donor Darah Pengganti (DDP). Sehingga ketikam ada orang butuh darah pihak keluarganya bisa meminta cari orang untuk menggantikan kantung darah tersebut.

Hanya saja, karena bulan puasa ini donor darah diluar pasti tidak ada. Karena memang dalam Islam apalagi yang berpuasa jelas tidak boleh (batal) karena mengeluarkan darah dalam jumlah banyak. (C)

 

Reporter : Nanang
Editor : Rustam

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here