iklan zonasultra

PNDB MAN IC Segera Dibuka, Ini yang Harus Disiapkan Pendaftar

Madrasah Aliah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kendari
Madrasah Aliah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kendari

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (PNDB) Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) akan segera dibuka 18 Februari -15 Maret 2019 untuk jalur reguler. Sedang untuk jalur prestasi akan dibuka pada 18 Februari – 5 Maret 2019. Pendaftaran akan berlangsung secara online.

Pada penerimaan siswa baru kali ini, MAN IC Kendari menyiapkan kuota sebanyak 96 orang untuk empat romobongan belajar atau empat kelas. Masing-masing kelas diisi oleh 24 siswa.

“Kuota yang disediakan sebanyak 96 siswa. Kuota ini juga merupakan ketentuan dari pusat,” ungkap Kepala MAN IC Kendari Abdul Basit melalui layanan WhatsApp, Rabu (13/2/2019).

iklan zonasultra

Untuk melakukan pendaftaran pada PNDB MAN IC, beberapa persyaratan harus dipenuhi. Untuk madrasah atau sekolah harus memiliki NPSN, memiliki NISN yang terdaftar pada EMS (untuk MTs) atau DAPODIK (untuk SMP), serta memiliki sertifikat akreditasi dari BAN-S/M.

(Baca Juga : MAN IC Kendari Raih Juara Umum di Biology Season UHO)

Sedang untuk siswa, persyaratan yang harus dipenuhi adalah pertama tercatat sebagai peserta didik kelas IX MTs/SMP tahun ajaran 2018/2019. Kedua, berusia maksimal 17 tahun pada 1 Juli 2019.

Persyaratan selanjutnya mendapatkan rekomendasi sebagai siswa terbaik dari kepala madrasah atau sekolah asal, sesuai dengan kuota pendaftar per madrasah sekolah yang ditetapkan (persyaratan ini tidak diperlukan untuk pendaftar jalur prestasi).

Selanjutnya mendapat surat keterangan atau rekomendasi dari kepala madrasah atau sekolah asal sebagai siswa berprestasi tingkat nasional, seperti OSN, KSM Nasional, OPSI serta MYRES (persyaratan ini tidak berlaku untuk pendaftar jalur reguler).

Pada saat pendaftaran secara online, hal-hal yang perlu disiapkan adalah pas foto berwarna terbaru berukuran 3 x 4 cm (max 300kb), fotokopi rapor semester 3, 4, dan 5 yang sudah dilegalisir, surat keterangan tahfiz quran dari madrasah/sekolah dalam bentuk PNG.

Untuk pendaftar yang ingin mengajukan beasiswa pendidikan bisa juga menyertakan fotokopi kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Program Keluarga Harapan (PKH), atau Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Seleksi ini berlangsung secara nasional untuk 24 MAN IC yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Pada pendaftaran, para calon peserta didik bisa memilih maksimal dua pilihan MAN IC yang terdekat dengan menggunakan kode. Untuk MAN IC Kota kendari memiliki kode IC.15. (b)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib