Tampilan Desktop


PNS Lulusan SMA Dominasi Ujian Penyesuaian Ijazah di Konsel
383 Dibaca

PNS Lulusan SMA Dominasi Ujian Penyesuaian Ijazah di Konsel

Penyesuaian Ijazah – Sebanyak 453 PNS lingkup Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti ujian penyesuaian ijazah, Rabu (20/1/2016). Dalam ujian ini lulusan SMA mendominasi sebanyak 475 orang. (Efan/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) hari ini, Rabu (20/1/2016) menyelengarakan ujian penyesuaian ijazah bagi para PNS yang ada di daerah itu.

Kepala BKD Konsel, Eman Jaya mengatakan, ujian penyesuaian ijazah ini diikuti oleh 453 PNS yang berasal dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Konsel. Lulusan SMA pun mendominasi sebanyak 475 orang.

“Dari ijazah SMA ke Diploma Dua (D2) ada sebanyak 38 orang, ijazah SMA ke D3 berjumlah 10 orang, ijazah SMA ke Strata Satu (S1) yakni 375 orang, ijazah S1 ke S2 sebanyak 4 orang dan ijazah SMP ke SMA sebanyak 26 orang,” rinci Eman.

Peserta yang ada, lanjut Eman, telah memenuhi syarat untuk mengikuti ujian penyesuaian ijazah yakni Surat Keputusan (SK) 80 persen dan 100 persen serta data jabatan terakhir yang bersangkutan.

Pihaknya juga meminta rekomendasi dari tiap-tiap pimpinan SKPD untuk menunjukkan bahwa peserta ujian adalah pegawai aktif pada SKPD tersebut.

Menurut Eman, penyesuaian ijazah sangatlah penting. Bahkan untuk pengusulan kenaikan pangkat harus terlebih dahulu mengikuti ujian tersebut.

“Pengalaman saya, ada beberapa orang melakukan pengusulan kenaikan pangkat ke BKN pusat, setelah tiba disana ternyata belum mengikuti ujian penyesuaian ijazah maka dikembalikanlah,” kata Eman.

Apabila PNS telah mendapatkan ijazah yang lebih tinggi dari pendidikan sebelumnya, maka kata Eman mereka harus mengikuti ujian penyesuaian ijazah dengan masa kerja selama dua tahun.

Diapun berharap pegawai yang telah mengikuti ujian penyesuaian ijazah untuk semakin meningkatkan disiplin kerja dan kinerja.

Untuk diketahui, soal dalam ujian ini terbagi dalam dua model yakni 50 butir soal untuk ijazah SMP dan SMA dan 100 butir soal untuk ijazah S1 dengan waktu kerja 120 menit. Soal tersebut dibuat langsung oleh BKN pusat.

 

Penulis: Irfan Mualim
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com