Tampilan Desktop


PNS Terbukti Ikut Politik Praktis, Menpan Janji Berikan Sanksi Tegas
178 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Larangan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk tidak terlibat dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) nampaknya tidak dihiraukan oleh sejumlah  PNS yang ada di daerah itu.  Seperti kasus yang terjadi di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu)  menemukan dua oknum PNS disana terlibat  dalam  politik praktis.

Menanggapi hal itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Yudi Krisnandi mengatakan, dirinya telah berkoordinasi dengan  Bawaslu, guna  membahas dugaan pelanggaran oknum PNS.  Pihaknya  saat ini memerlukan laporan tertulis dan bukti faktual yang otentik, sehingga pihaknya tidak perlu lagi memeriksa dan melakukan investigasi

“Kami sudah berkoordinasi kepada Bawaslu agar semua temuan dugaan pelanggaran netralitas aparatur sipil negara agar segera di berikan kepada kementrian untuk pemberian sanksi,”  jelas Yudi dalam lawatanya selama dua hari Kota Kendari.

Jika terbukti Yudi melanjutkan, pihaknya tidak segan-segan untuk memberikan saknsi, kepada oknum PNS yang terlibat politik praktis.  Sanksi tersebut  bisa berupa penundaan kenaikan pangkat, penundaan pemberian tunjangan sampai  pemberhentian dari jabatanya.

“Bisa  diberhentikan secara tidak hormat, namun hal itu tergantung pada tingkat kesalahannya.   Kami sudah membaca dari berita, tapi yang kami tunggukan laporan resmi dari bawaslu atau panwaslu setempat” tutupnya.

Seperti diberitakan  sebelumnya, dua oknum PNS di  Konawe Selatan,  berinisial RE dan AH,  pada  awal Desember 2015 lalu, sebelum hari pencoblosan. Keduanya  kedapatan mengerahkan massa  untuk memilih  salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati  dalam bentuk pertemuan dengan sejumlah guru yang ada di kecamatan Palangga.

 

Penulis : Randi
Editor  :  Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com