Polda Sultra Butuh Peran Pramuka Sukseskan Pemilu

Polda Sultra Butuh Peran Pramuka Sukseskan Pemilu
PRAMUKA - Rapat Kerja Saka Bhayangkara di Polda Sultra, Kamis (24/1/2019). Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menganggap gerakan pramuka sebagai salah satu potensi pendukung terciptanya keamananan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). (Muhamad Taslim Dalma/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pramuka yang berarti ‘sekumpulan anak-anak muda yang suka berkarya’ dianggap penting untuk turut berperan mensukseskan Pemilu 2019. Polda Sulawesi Tenggara (Sultra) menganggap gerakan pramuka sebagai salah satu potensi pendukung terciptanya keamananan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kepala Biro Ops Polda Sultra Kombes Pol Subnedih mengatakan selama ini pihaknya telah melibatkan pramuka, khususnya Saka Bhayangkara Polda Sultra. Saka Bhayangkara sudah dilibatkan dalam kegiatan pengamanan kepolisian tahun lalu yakni pengamanan jelang idul fitri, natal, dan tahun baru.

iklan zonasultra

“Mereka yang lalu (2018) kerja dengan ikhlas, berada di pos-pos pengamanan pelabuhan, pasar-pasar, dan lainnya. Untuk 2019 nanti paling tidak mereka membantu kepolisian dalam rangka mensukseskan pemilu,” ujar Subnedih usai pembukaan Rapat Kerja Saka Bhayangkara di Polda Sultra, Kamis (24/1/2019).

Pada pengamanan Pemilu 2019, Pramuka Saka Bhayangkara tidak akan diturunkan ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pramuka Saka Bhayangkara yang keanggotaannya di Sultra 105 orang (binaan Polda dan Polres) hanya membantu polisi sebagai perpanjangan tangan untuk memberikan himbauan pemilu damai dan lain sebagainya lewat gerakan pramuka.

Kerja sama kepolisian dan pramuka ada dalam keputusan bersama Kapolri dan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tahun 1980. Keputusan itu kemudian melahirkan terbentuknya Saka Bhayangkara yang dibina pihak kepolisian

 


Reporter: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib