Tampilan Desktop


Polda Sultra Didesak Periksa Komisaris Utama PT PLM
21 Dibaca

Desakan itu datang dari koalisi mahasiswa peduli hukum Sultra yang menggelar aksi demo di Polda Sultra, Rabu (29/4/2015). Koordinator aksi Rahmat Rulah mengungkapkan dalam melindungi tindak kejahatan

Desakan itu datang dari koalisi mahasiswa peduli hukum Sultra yang menggelar aksi demo di Polda Sultra, Rabu (29/4/2015). Koordinator aksi Rahmat Rulah mengungkapkan dalam melindungi tindak kejahatan TPPU perusahaan, Henri bekerja sama dengan Direktur Utama PT PLM Joko Satrio.
“Selain menggelapkan uang perusahaan sebesar Rp 114 miliar, para pelaku juga memanipulasi produksi emas 2010-2011 sebanyak 1,5 ton,” kata Rahmat Rulah.
Tindakan para pelaku TPPU tersebut menurutnya jelas bukan hanya merugikan negara melalui pembayaran pajak produksi emas,  melainkan juga merugikan masyarakat Bombana karena tidak membayar royaliti yang menjadi kewajiban perusahaan.
Dalam aksi tersebut juga terungkap pelaku tindak kejahatan TPPU PT PLM, melibatkan beberapa orang antara lain Tommy Jingga (mantan Dikretur PT PLM) dan Falahwi Mujur (mantan Kepala Biro Administrasi dan Keuangan PT PLM). Kedua pelaku tersebut malah telah menjalani proses hukum hingga tingkat kasasi dan melalui Keputusan Kasasi Mahkamah Agung bernomor 167/K/Pid/2012 tertanggal 29 November 2014, karena dinyatakan terbukti bersalah dengan hukuman empat tahun penjara.
Dalam kesempatan itu, salah satu peserta aksi Munawir  juga meminta pihak kepolisian untuk mengusut pemukulan kepada massa aksi yang  melakukan aksi dengan tuntutan yang sama pada tanggal 27 April 2015.
 
“Selaku pimpinan aksi saat itu, maka saya akan laporkan kasus pemukulan terhadap rekan-rekan saya ke Kompolnas,” kata Munawir.
Saat aksi masih berlanjut, kepala sub bidang penerangan masyarakat Polda Sultra Muhadi Walam mencoba mengajak  massa masuk dalam ruangan untuk membicarakan persoalan tersebut dengan penyidik yang menanganinya. Akan tetapi ajakan itu ditolak dan massa berjanji akan kembali dengan jumlah yang lebih besar jika tuntutan mereka tidak direalisasikan. (**Azwirman)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com