Tampilan Desktop


Polda Sultra Sediakan Jasa Penitipan Gratis Bagi Pemudik
50 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Para warga dihimbau tak perlu khawatir, akan kehilangan kendaraannya saat meninggalkan rumahnya untuk mudik lebaran. Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara telah menyediakan tempat penitipan kendaraan bagi warga yang akan melakukan mudik lebaran tahun ini. 

Untuk menyukseskan program tersebut, Kapolda Sultra Brigjen Pol Arkian Lubis, menyatakan akan segera menyebarkan pamflet di setiap polsek. Tujuan untuk memberikan informasi bahwa kantor polsek dan polres bisa dititipi kendaraan saat mudik.

“Saya instruksikan kepada KP3 yang ada di pelabuhan, jika ada masyarakat yang ingin pulang naik kapal dan ingin menitipkan kendaraannya di pelabuhan kami akan bantu jaga, tapi kalau penuh maka kami akan instruksikan untuk di bawah di kantor terdekat,” ungkapnya, usai memimpin apel operasi ketupat 2015 di lapangan Mapolda Sultra, Andonohu, Kamis (9/7/2015).

Jasa penitipan kendaraan saat mudik dibuka, kata Arkian, karena tingkat aksi kejahatan pada masa mudik Lebaran diprediksi meningkat. Pasalnya, rutinitas tahunan itu kerap dimanfaatkan pelaku kejahatan untuk beraksi. Mereka menyatroni rumah-rumah kosong yang ditinggal pemudik. Selain uang atau barang berharga, mereka mengincar kendaraan yang ditinggal pemiliknya.

“Yang mudik dan meninggalkan mobil atau motor bisa dititip di kantor polisi. Seluruh polsek yang punya lahan luas menyediakan tempat penitipan mobil atau motor gratis,” imbau Arkian.

Penitipan kendaraan selama masa mudik, lanjutnya adalah bentuk pelayanan kepada masyarakat. Warga yang akan menitipkan kendaraannya harus melengkapi surat dan kejelasan identitas.

”Pengendara menyerahkan fotokopi KTP dan STNK agar terdaftar dengan baik. Ini gratis,” jelas Arkian.

Sedangkan untuk warga yang tidak mau menitipkan kendaraan di kantor polres atau polsek, mereka diminta untuk melaporkan ke pemerintah setempat. Tujuannya, memudahkan pengawasan. ”Kami juga tetap berpatroli di perumahan maupun permukiman,” jelasnya.

Sementara untuk operasi ketupat 2015 kali ini, Polda Sultra menyiagakan sekitar 1.500 personil.

 

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com