Tampilan Desktop


Polling Pilkada: Rumah Kita Semakin Kokoh, Rindu Teratas
85 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Hasil polling pemilihan kepala daerah (Pilkada) 7 daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dilakukan portal online zonasultra.com telah memasuki pekan kedua. Hasilnya dari dua daerah dengan voter terbanyak yakni di Muna pasangan Rusman Emba–Malik (Rumah Kita) kokoh di posisi teratas dan di Buton Utara (Butur) Pasangan Ridwan Zakariah–La Djiru (Rindu) juga teratas.

Data terakhir yang diupdate di website zoasultra.com Senin (21/9/2015) pukul 08.00 Wita, paslon Kada Muna Rumah Kita unggul 59.1 %, sedangkan Baharuddin-La Pilih (Dokter Pilihanku) meraih 32.5%. Sementara paslon Arwaha-Samuna hanya meraih 8,4% suara. Total suara atau voter untuk Paslon Kada Muna sebanyak 203 voter.

Untuk Paslon Kada Butur terjadi perubahan drastis dimana pekan sebelumnya Ridwan Zakariah-La Djiru (Rindu) jauh tertinggal oleh lawannya Abu Hasan-Ramadio (ABR). Kini, pasangan Rindu berada di puncak dengan perolehan 54.6 persen, sedangkan ABR turun menjadi  44.3%. Untuk paslon independen Abdul Ganiru-Ahmad Gamsir  berada di bawah yakni  1.1 persen. Total voter di Butur adalah yang terbanyak yakni 366 voter.

Di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), paslon Surunuddin-Arsalim (Suara) masih unggul jauh dibanding lawan-lawannya yakni 49.1 persen suara, disusul pasangan Asnawi Syukur-Rustam Tamburaka  27.8%, kemudian pasangan Muhammad Endang–Nurfa Thalib 13%. Pasangan independen diurutan terakhir Rusmin Abdul Gani-Muhlis memperoleh 10.1%, dengan total pemilih 169 voters.

Dari Wakatobi, tidak jauh berbeda dengan pekan sebelumnya, dimana paslon Arhawi Ruda-Ilmiati Daud masih unggul dengan perolehan 54.7%. Sedangkan pasangan Haliana-Syawal meraih 45.3%, dari total pemilih 148 voter.

Pilkada Konawe Kepulauan (Konkep), paslon Amarullah-M. Lutfi semakin unggul dengan bertambah menjadi 50%, menyusul  pasangan Nur Sinapoy-Abd.Salam  40.7%. Sementara pasangan perseorangannya Ridwan-Kurdin Wahab juga berada di bawah dengan perolehan 9.3%, dari total pemilih 86 voters.

Di Konawe Utara (Konut), paslon Ruksamin-Raup (Konasara) bertambah unggul menjadi 52.1%, sedangkan paslon incumbent Aswad Sulaiman-Abuhaera (Abdiku) meraih 42.7%, disusul urutan terakhir pasangan Anwar-Razak Naba (AR)dengan perolehan 5.2% , dari total pemilih 96 voter.

Beralih ke Kolaka Timur, pasangan M. Buddu-Ridwan mengalami peningkatan suara menjadi 49.5%, disusul  Tony Herbiansyah-Andi Merya-19.4%, Wahyu-Idul Fitri 16.1%, dan Syamsu Alam – Farida, 15.1%, dari total pemilih 93 voter.

Hingga pekan kedua, total pembaca zonasultra.com yang telah memberikan suaranya mencapai 1.161 voter. Jumlah ini meningkat 100 persen jika dibandingkan pekan sebelumnya hanya 563 voter.

Pemimpin redaksi zonasultra, Rustam, sangat mengapresiasi semakin tingginya partisipasi masyarakat di tujuh daerah yang menggelar Pilkada untuk memberikan dukungan kepada jagoannya melalui polling. Ia optimis jumlah responden atau pemilih yang akan mendukung jagoannya di masing-masing daerah akan terus bertambah.  

“Soal banyaknya atau sedikit dukungan kepada masing-masing pasangan tergantung masing-masing pendukung, terutama tim sukses untuk lebih kreatif memanfaatkan moment ini,” kata Rustam, Senin (21/9/2015).

Menurut Rustam, meskipun memiliki sejumlah kelemahan namun tingkat keakuratan data jauh lebih baik jika dibandingkan polling yang dibuat media-media konvensional yang memungkinkan satu orang memilih ratusan kali.

“Polling yang diadakan zonasultra.com membatasi pemilih dengan cara setiap individu hanya boleh memilih sekali dalam satu internet protocol (IP) komputer atau PC per 24 jam. Kalau media konvensional tergantung berapa banyak dia bisa membeli dalam jumlah eksamplar yang harganya cukup murah,” ujarnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com