Tampilan Desktop


Polres Buton Dapat Satu Mobil Tahanan
36 Dibaca

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO – Demi meningkatkan kinerja aparat kepolisian yang ada di Polres-polres se Indonesia, Markas Besar (Mabes) Polisi Republik Indonesia (Polri) melalui Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara memberikan bantuan satu unit mobil tahanan kepada masing-masing Polres, termasuk Polres Buton.

Andi Herman

Andi Herman

Kapolres Buton AKBP Andi Herman SIK, mengatakan satu unit mobil tersebut akan difungsikan untuk mengantar atau memindahkan tahanan, serta barang bukti baik ke Kejaksaan, Pengadilan, maupun ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas).

“Dengan adanya bantuan mobil tahanan itu, tentu akan memudahkan, kita,” ungkap Andi Herman, usai rilis pers di Polres Buton, Kamis (25/8/2016).

Selama ini, lanjut Andi, untuk mengantar atau memindahkan para tahanan ke pengadilan maupun lapas selalu mengggunakan mobil pribadi. Bahkan, tidak jarang juga memakai mobil patroli polres dan polsek Buton. Hal ini, menurut kapolres Buton, tentu sangat tidak efektif terutama menyangkut keamanan tersangka dan barang bukti.

“Tapi dengan bantuan ini, tentu akan lebih memudahkan terutama dari sisi keamanan kalau menggunakan mobil tahanankan lebih efektif “katanya.

Pihaknya, belum dapat memastikan berapa kapasitas muatan mobil tahanan tersebut. Sebab, hingga kini mobil operasional itu masih berada di Polda Sultra, dan Andi Herman belum melihatnya secara langsung.

“Saya belum tau berapa kapasitas muatannya, karena saya juga belum lihat. barusan tadi anggotaku mau pergi ambil di Polda Sultra,” terangnya.

Bantuan mobil itu merupakan usulan setiap tahun yang disampaikan ke Polda, selanjutnya diteruskan ke Mabes Polri untuk ditindak lanjuti. Menyangkut berapa idealnya dalam satu Polres memiliki mobil tahanan, idealnya satu, namun itu tergantung dari masing-masing permintaan Polres dan juga tergantung banyaknya jumlah tahanan yang ada.

” saya pikir satu sudah cukup, karenakan tahanan juga tidak banyak,” tukasnya.

Sekedar diketahui, tahun 2016 ini Mabes Polri memberikan bantuan 10 unit mobil tahanan kepada 10 Polres yang ada di wilayah Sultra. Masing-masing diantaranya, Polres Buton, Wakatobi, Baubau, Muna, Bombana, Kendari, Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Kolaka Utara (Kolut), dan Kolaka. (B)

 

Reporter : Nanang
Editor : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com