Tampilan Desktop


Polres Konawe Ajak Pemkab dan DPRD Ciptakan Situasi Aman
51 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Kepolisian Resort (Polres) Konawe mengajak Pemerintah Kabupaten Konawe dan Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menyerukan kepada seluruh pemangku kepentingan hingga ke tingkat desa agar selalu menjaga kondisi wilayah dalam keadaan aman dan kondusif.

Diming-Imingi Bantuan Dunia 15 Juta, Ratusan Masyarakat Konawe Jadi Korban Penipuan

AKBP Jemy Junaedi

Selain kedua institusi eksekutif tersebut, Polres Konawe juga meminta DPRD di dua daerah itu untuk tanggap menyikapi segala polemik yang terkadang muncul di tengah masyarakat.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Konawe, AKBP Jemy Junaedi mengklaim saat ini situasi di dua kabupaten yang menjadi wilayah hukum Polres Konawe tersebut masih aman dan kondusif. Meski terkadang terjadi gesekan antar sesama warga, namun kata dia, masih bisa diselesaikan secara kekeluargaan. Apalagi masyarakat di dua daerah itu memiliki adat istiadat dalam penyelesaian masalah.

“Dengan adanya Kalo Sara yang sering digunakan masyarakat untuk menyelesaikan setiap persoalan yang ada, sangat membantu kita dalam melaksanakan tugas sebagai penegak hukum. Hanya ada beberapa kasus saja yang berlanjut hingga ke meja hijau,” kata mantan Kapolsek Unaaha itu, Kamis (10/3/2016).

Jika tradisi itu, lanjut Jemy, masih tetap dipelihara dengan baik, maka potensi konflik antar masyarakat di Konawe dan Konawe Utara (Konut) bisa berkurang dan kehidupan masyarakat yang rukun akan terus terjalin.

Terkait adanya isu perkelahian yang berujung pada potensi konflik antar suku di salah satu kecamatan di Konawe, Jemy mengaku masalah tersebut bukanlah konflik antara suku, melainkan masalah pribadi yang digiring ke konflik suku oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

“Kalau masalah itu sudah selesai, kita juga sudah amankan pelaku penikaman, dan ini bukanlah masalah antara suku tetapi masalah pribadi. Saat ini Kabupaten Konawe dan Konawe Utara masih aman dan kondusif, masyarakat jangan mudah terpancing dengan isu-isu yang tidak bermanfaat dan belum pasti kebenarannya,” terangnya.

 

Penulis: Restu

Editor: Jumriati

Redaksi ZonaSultra

View all contributions by Redaksi ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com