Tampilan Desktop


POMALAA: Surga Kecil Yang Terabaikan
1308 Dibaca

Apa itu Pomalaa ? Dimana itu Poamalaa ? Semua mayoritas orang yang saya temui, mempertanyakan tentang hal itu. Apalagi ketika saya menggunakan kaos yang bertuliskan IPMAP (Ikatan Pelajar Mahasiswa Poamalaa), banyak orang yang belum mengetahui tentang Pomalaa.

Miswadi nirwan

Miswadi Nirwan

Pomalaa adalah sebuah kecamatan yang terletak di kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara . Secara Geografis, Kecamatan Pomalaa terletak dibagian Selatan ibu kota kabupten melintang dari dari tenggara ke barat, terdiri dari 4 Kelurahan (Dawi-Dawi, Pelambua, Tonggoni, Kumoro) dan 8 Desa (Oko-0ko, Sopura, Hakatutobo, Tambea, Pomalaa, Totobo, Pesouha, Huko-huko) dengan batas wilayah sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Baula, sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Lambandia, sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Tanggetada, dan sebelah barat berbatasan dengan Teluk Bone (http://bp4k.kolakakab.go.id/)

Sangat mudah mengetahui orang yang berasal dari pomalaa, liat saja kaki nya ha.ha.ha. Jika kelihatan Merah maka dia berasal dari Pomalaa yang terkenal dengan tanah merahnya . Sekalipun tanah merah pomalaa sulit di bersihkan meskipun di sikat disertai oleh sebercak pembersih noda tapi jangan salah tanah merah itulah yang mengandung kadar ore yang jika di jual ibarat emas yang bergelimang harganya.

Surga Kecil

Yah Surga kecil. Pomalaa bisa saya katakan surga kecil . kenapa tidak, pomalaa merupakan tempat saya lahir , di besarkan dan di hidupi serta merupakan rumah tempat beranak cucu sekitar 35000 an penduduk lainnya. Bukan kah rumahku itu surgaku. Tapi, Surga yang yang saya maksudkan dalam catatan ini bukan itu melainkan surga bagi para penambang baik itu legal maupun illegal . Di ketahui bahwa Potensi kekayaan alam di Pomalaa sangat menjanjikan, endapan nikel di wilayah ini mempunyai kualitas terbaik didunia. Hal ini menjadikan Pomalaa sebagai magnet bagi para investor tambang nikel yang berada di Indonesia maupun di dunia untuk berlomba-lomba menanamkan modalnya disini. Saat ini tercatat ada beberapa Perusahaan yang memanfaatkan kekayaan sumber daya alam Pomalaa salah satunya PT. Antam sebagai BUMN yang mengelolah tambang nikel disana selama 48 tahun terakhir.
Ter’abaikan

Dengan kekayaan biji nikel di pomalaa yang di ekplorasi, Pajak penduduk dan pajak bagi beberapa perusahaan pastilah memberikan dampak positif terhadap pemasukan daerah Kolaka . Yah jelas dong. Ataukah menjadi lahan bagi negara untuk mengisi rekening para pejabat di negara ini yah bisajadi. Namun hal tersebut tidak berbanding lurus dengan apa yang Pomalaa layak dapatkan, terbukti dengan infrastruktur yang kurang memadai , adanya budaya pemadaman listrik setiap tahunnya , laut pesisir pantai semakin memerah kurang diperhatikan dan beberapa hal yang begitu miris jika kita pikirkan. Harap Penulis, semoga Pomalaa yang di cintai ini dapat di perhatikan lagi oleh pihak-pihak terkait ataukah kita sama-sama menunggu Pomalaa akan menjadi kota mati, dan bukit-bukit bekas eksploitasi tambangnya sudah gundul sebagai akibatnya. Dan bencana alam berupa banjir akan menjadi ancaman warga di sekitar wilayah penambangan di Pomalaa

Salam Tanah Merah !

Makassar, 1 agustus 2016

 

Penulis : Miswadi Nirwan
Penulis adalah Mahasiswa berasal dari Pomalaa /Presiden Mahasiswa STMIK HANDAYANI MAKASSAR/ Kader PMII Rayon Teknik Informatika STMIK HANDAYANI MAKASSAR

Tagged with:
JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com