Tampilan Desktop


PPNS Harus Paham Tugasnya
72 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dalam kerangka sistem peradilan pidana (criminal justice system), peran aparatur penegak hukum, khususnya Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), sangat strategis.

PPNS merupakan pintu gerbang utama dimulainya  tugas pencarian kebenaran materiil, karena melalui proses penyidikan sejatinya upaya penegakan hukum mulai dilaksanakan.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Sulawesi Tenggara (Sultra), Ilham Djaya mengatakan, PPNS pada dasarnya  adalah membantu penegakan peraturan perundang-undangan sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

pelantiikan penyedik lagi“Jika kita mengacu pada pasal 1 angka 2 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bahwa yang dimaksud dengan PPNS adalah pejabat pegawai negeri sipil tertentu yang berdasarkan perundang-undangan ditunjuk selaku penyidik dan harus paham dengan tugasnya untuk melakukan penyidikan tindak pidana dalam lingkup institusinya masing-masing sesuai peraturan perundangan yang berlaku,” kata Ilham Djaya usai mengambil sumpah dan melantik PPNS di pelataran Kantor Kemenkum HAM Sultra, Kamis (29/10/2015).

Selama ini lanjut Ilham, luas lingkup tugas dan tanggung jawab penyidik dalam sistem penegakan hukum di Indonesia menyisakan banyak permasalahan. Tidak saja terkait banyaknya institusi yang diberi kewenangan untuk melakukan penyidikan atas suatu tindak pidana, tetapi juga masih terdapatnya tumpang tindih kewenangan penyidikan antara beberapa institusi.

Akibatnya, antar institusi penyidik muncul kesan kurang terjalin koordinasi dan sinergitas yang dapat berdampak pada berkurangnya kredibilitas institusi penegak hukum dimata masyarakat.

“Untuk PPNS sendiri bila ada terbukti melakukan pelanggaran maka akan disidik pula oleh Koordinator Pengawas (Korwas) dari pihak Polri,” tegasnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com