Tampilan Desktop

Prancis Buka Peluang Kerjasama Dengan Koltim
99 Dibaca

GAGAS KERJASAMA: Bupati Kolaka Timur rs H Tony Herbiansyah MSi, Green Building Prancis Mr Franck Miraux P, saat menggelar pertemuan dengan Pemkab Koltim beberapa waktu lalu di Jakarta. Pertemuan tersebut adalah untuk mengagas kerjasama kedua belah pihak. FOTO Abdul Rahmat Rahman

GAGAS KERJASAMA: Bupati Kolaka Timur rs H Tony Herbiansyah MSi, Green Building Prancis Mr Franck Miraux P, saat menggelar pertemuan dengan Pemkab Koltim beberapa waktu lalu di Jakarta. Pertemuan tersebut adalah untuk mengagas kerjasama kedua belah pihak. FOTO Abdul Rahmat Rahman

 

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA– Prancis, menjadi salah satu negara yang membuka diri, untuk mengadakan kerjasama dengan beberapa Kabupaten di Indonesia, termasuk Kolaka Timur (Koltim).

Kerjasama yang akan dilakukan pemerintah Prancis tersebut, berfokus pada pengelolaan potensi perkotaan. Baik kota yang sudah lama terbentuk, maupun kota yang baru terbentuk atau DOB.

Koltim sendiri merupakan salah satu kabupaten dilirik oleh Prancis untuk bekerjasama dalam penataan kota seperti yang telah diterapkan di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Hal ini diungkapkan President Green Building Prancis Mr Franck Miraux P, saat menggelar pertemuan dengan Pemkab Koltim yang dipimpin Bupati Koltim Drs H Tony Herbiansyah MSi, baru-baru ini di Jakarta.

Salah satu dosen luar biasa di Universitas Paris Prancis ini memaparkan tentang program urban development dan management tolls, yang telah diterapkan di Wonosobo. Dan, salah satu komoditas unggulan Koltim yang membuat ia tertarik adah hasil hutan Koltim, dalam hal ini madu hutan.

Madu hutan ini menurut dia, akan menghubungkan petani madu Koltim dengan pengusaha Prancis, untuk lebih dikembangkan kualitas pengolahannya serta menjadi mitra usaha di Prancis.

Dan, dalam waktu dekat, Franck Miraux merencanakan akan berkunjung ke Koltim untuk melihat secara langsung potensi yang ada di Koltim.

Dalam pertemuan ini, bupati mengungkapkan, Koltim dengan visi “Mewujudkan Kabupaten Kolaka Timur sebagai wilayah agrobisnis yang handal dan berdaya saing”, berharap, kerjasama yang akan dibangun ini bisa fokus pada pengembangan sektor pertanian, perkebunan dan infrasiruktur jalan dan jembatan.

Turut hadir mendampingi Bupati Koltim, Sekda Koltim Samsul Bahri Madjid SH MSi, Kepala Bappeda Koltim Dr Mustakim SP MSi , Kadis Pertanian Salwin SP, Plt Kadis Perkebunan Ir Rivai, Kabag Keuangan Sumiarno serta Plt Kabag Humas dan PDE Abdul Rahmat Rahman SH.
Citizen Reporter : Abdul Rahmat Rahman

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com