Tampilan Desktop


Prestasi Terakhir Hugua Sejajar Ridwan Kamil
169 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Diakhir-akhir masa jabatannya, Bupati Wakatobi Hugua mendapatkan penghargaan Anugrah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Koordinator (Menko) Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharahi dan disaksikan presiden Joko Widodo pada puncak hari pers, Selasa (9/2/2015) di Mataram.

Prestasi Terakhir Hugua Sejajar Ridwan Kamil

Hugua

Hugua menerima penghargaan PWI itu bersama 7 kepala daerah lainnya yakni Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil, Bupati Banyuangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Purwakarta Dedy Mulyadi, Bupati Tegal Enthus Sukamnto, Bupati Banyuangi Abdullah Azwar Anas, Wali Kota Sawahlunto Anas Yusuf, Bupati Belu Welhelmus Roni, dan Wali Kota Tomonon Jimmy F Eman.

Dalam pers rilis yang diterima zonasultra.com, Hugua mengatakan boleh jadi  penghargaan tersebut adalah penghargaan yang terakhir diterimanya. Empat bulan kedepan masa jabatannya akan berakhir dan digantikan oleh calon bupati wakatobi terpilih Arhawi (saat ini masih wakil bupati Wakatobi).

“Selama menjabat, saya telah meletakkan dasar-dasar membangun daerah melalui pendekatan budaya berbasis nilai-nilai kearifan tradisi lokal kemaritiman dan jaringan internasional. Wakatobi kini telah dikenal sebagai kawasan segi tiga emas terumbu karang dunia. Olehnya pemimpin berikutnya Wakatobi diharapkan tetap menjaga itu,” kata Hugua, Rabu (10/2/2016).

Selama memerintah, Hugua menggunakan pendekatan kebudayaan lingkungan agar alam Wakatobi tetap lestari dan telah mendapat pengakuan dari Unesco sebagai salah satu Cagar Biosfir Bumi yang ada di dunia. Alam bawah laut Wakatobi, selain dihuni sebanyak 750 jenis terumbu karang, juga menjadi rumah bagi 942 jenis ikan dan berbagai biota laut.

Kelestarian keanekaragaman hayati di alam bawah laut Wakatobi masih tetap terjaga hingga saat ini karena kekuataan budaya maritim masyarakat Wakatobi yang terus dipertahankan. Tantangan pemimpin Wakatobi ke depan kata hugua adalah budaya hidup masyarakat modern yang lambat laun mempengaruhi Wakatobi.

 

Penulis : Muhammad Taslim Dalam
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com