Problem UNBK, Dikbud Sultra Imbau Sekolah Pinjam Komputer

78
Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio
Asrun Lio

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan dimulai pada April 2019 untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Madrasah Tsanawiyah (MTs). Namun problemnya adalah, syarat utama pelaksanaannya haru ada komputer.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio menyebut dari 408 SMA/MA di Sultra hanya 330 yang siap melaksanakan UNBK atau sebesar 81 persen yang siap dengan fasilitas komputer. Sementara, untuk SMK sudah siap 100 persen yakni sebanyak 149 total SMK di Sultra.

Agar tingkatan SMA/MA tahun ini bisa UNBK 100 persen, maka Asrun mengimbau sekolah-sekolah yang belum mempunyai komputer bisa meminjam di sekolah terdekat seperti ke SMP atau SMK. Bahkan dibolehkan untuk meminjam komputer milik masyarakat.

“Cara alternatif agar sekolah dapat UNBK bisa meminjam ke sekolah-sekolah terdekat atau masyarakat agar sekolah yang ingin UNBK dapat terealisasi. Hal ini dibolehkan,” tutur Asrun Lio di ruang kerjanya, Sabtu(9/2/2019).

Apabila UNBK memang tak dapat dilaksanakan karena komputer yang tak tercukupi maka UN tetap dapat dilakukan secara manual. Asrun berharap dengan alternatif pinjam komputer dapat dilaksanakan UNBK 100 persen.

Pada 2019 ini, UN SMK akan diselenggarakan pada 2 April hingga 5 April, sedangkan SMA/MA pada 9 hingga 12 April dan UN susulan SMK/SMA/MA pada 17 April hingga 18 April. Untuk SMP/MTs, UN akan diselenggarakan pada 23 hingga 26 April dan susulannya pada 8 hingga 9 Mei. (B)

 


Penulis: M1
Editor: Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib