Tampilan Desktop


Proses Terbentuknya Konut Diseminarkan, Ini Tujuannya
73 Dibaca

Proses Terbentuknya Konut Diseminarkan, Ini Tujuannya

Sejumlah akademisi dan tokoh masyarakat, tokoh pemekaran dan DPRD kabupaten Konawe Utara (Konut), Rabu (13/5/2015) menggelar seminar sehari membahas naskah akademik kajian pembentukan Kabupaten Konut. (Alis Muna/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Sejumlah akademisi dan tokoh masyarakat, tokoh pemekaran dan DPRD kabupaten Konawe Utara (Konut), Rabu (13/5/2015) menggelar seminar sehari membahas naskah akademik kajian pembentukan Kabupaten Konut. Kegiatan ini merupakan kerjasama DPRD dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyrakat (LPPM) Universitas Halu Oleo (UHO).

Salah satu narasumber dalam seminar tersebut, Oheo K.Haris mengatakan, landasan dasar untuk pengakuan penentuan administrasi pemerintahan yang menjadikan alat instrumen adalah UU no.13 tahun 2007, karena secara mendasar letak geografis, pandangan masyarakat untuk pemerataan pembangunan sesuai dengan potensi serta Pendapatan Asli Daerah(PAD).

Salah satu yang menjadi bahan diskusi adalah reviuw atas forum percepatan pemekaran Kabupaten Konawe Utara pada bulan Januari tahun 2004 bertempat di balai pertemuan Kecamatan Sawa. Dimana saat itu komposisi pengurus inti antara lain H. Hamid Basir (ketua umum), Sudiro, Asni Husni Riso, Sarmin Ondolipu (wakil ketua), Daniel J Bunggulawa Alex, Apoda, Ansar Djoni (sekretaris), Hj. Naswati Djalante Misrad Daniel J. Bunggulawa Hj. Hernawati Hamid (masing-masing sebagai bendahar).

Menurut Oheo K. Haris, hal yang mendasari kegiatan ini adalah tersusunnya pedoman bagi daerah untuk dijadikan sebagai acuan dalam merencanakan kebijakan bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan percepatan pertumbuhan kehidupan demokrasi dan peningkatan kesejahteraan pada masyarakat Konawe Utara serta menjadi landasan bagi pemerintah daerah dalam memperingati hari lahirnya Konawe Utara Sebagai daerah otonom.

Sementara itu, Wakil ketua DPRD Konut Sudiro yang juga bagian dari pelaku sejarah terbentuknya Kabupaten Konut mengatakan seminar kajian pembentukan daerah ini menetapkan secara tegas kronologis proses sejarah terbentuknya serta merefleksi peran-peran tokoh pemekaran dalam sebuah naskah guna menjadi bahan lampiran dokumen baku terbentuknya daerah otonom.

“Hal ini menjadikan dasar untuk dibawah ketingkat paripurna di DPRD. Saya kira seminar ini sangat bermanfaat bagi kita semua terutama bagi generasi pemuda agar tahu bagaimana sejarah terbentuknya daerah ini,” kata Sudiro.

 

Penulis : Alis Muna
Editor : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com