Tampilan Desktop

Provinsi Kepulauan Buton Segera Dideklarasikan, Ini Ibukotanya
21 Dibaca

Nur Alam mengungkapkan, nama itu akan dideklarasikan secara resmi pada hari ulang tahun (HUT) Sultra ke-51 pada 27 April 2015 nanti yang pada tahun ini perayaannya dipusatkan di Kabupaten Kolaka Timu

Nur Alam mengungkapkan, nama itu akan dideklarasikan secara resmi pada hari ulang tahun (HUT) Sultra ke-51 pada 27 April 2015 nanti yang pada tahun ini perayaannya dipusatkan di Kabupaten Kolaka Timur.
Bupati Wakatobi Hugua mengatakan, nama yang sudah disepakati dan akan segera dideklarasikan tersebut merupakan sebuah momentum politik dan sejarah. Dirinya selaku bupati yang daerahnya akan masuk dalam provinsi baru itu berterimakasih karena Gubernur Sultra telah membuka ruang dan jalan bagi terbentuknya daerah otonomi baru itu.
“Ini kan lagi dalam proses, mengenai kapan benar-benar mekar mungkin 3 atau 4 tahun lagi. Ini masih membutuhkan lobi-lobi gubernur ke pusat termasuk presiden,” Kata Hugua di Hotel Clarion usai mengikuti pembahasan nama Provinsi Kepulauan Buton, Rabu malam (22/4/2015).
Sebagai tambahan, mekarnya Provinsi Kepulauan Buton sebelumnya terhambat oleh cakupan daerah yang akan masuk dalam wilayah provinsi baru itu. Hanya ada empat kabupaten yakni Buton, Kota Baubau, Wakatobi dan Buton Utara, sementara Kabupaten Muna dan Bombana menolak bergabung dan tetap memilih bergabung dengan provinsi induk Sultra.
Namun setelah terbentuknya dua tambahan daerah otonomi baru (DOB) yakni Kabupaten Buton Tengah dan Buton Selatan yang merupakan pecahan dari Kabupaten Buton, maka otomatis syarat administrasi cakupan daerah sudah memenuhi aturan perundang-undangan. (Taslim)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com