Tampilan Desktop

Proyek Percetakan 1000 Hektar Sawah Baru di Kolaka Bermasalah
230 Dibaca

Proyek Percetakan 1000 Hektar Sawah Baru di Kolaka Bermasalah

ILustrasi

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Proyek pencetakan sawah baru seluas 1.000 hektar di kabupaten Kolaka yang bersumber dari APBN tahun 2015 dinilai bermasalah. Beberapa warga yang umumnya petani, mulai mengeluhkan hasil proyek yang kerjakan oleh di Dinas Pertanian Kolaka itu.

Keluhan diantaranya datang dari 3 desa di kecamatan Polinggona yakni desa Lamundape, Tondowae, dan Podongi.

Warga penerima sawah hasil proyek umumnya mengeluhkan lahan yang mereka terima tidak dapat diolah atau ditanami.

“Bagaimana bisa kita mau tanam, ini hanya dirabat saja, masih ada bukit-bukitnya (gundukan tanah), padahal ini (proyek) sawah baru,” ungkap Samsuddin, warga desa Lamundape, Kecamatan Polinggona, Kabupaten Kolaka, Rabu (13/4/2016).

Kadis Pertanian Kabupaten Kolaka, Muhammad Azikin mengakui hal itu. Meski demikian, mantan kepala bagian pembangunan Setda Kolaka itu tidak dapat merinci apakah kasus Polinggona tidak terjadi di kecamatan lain.

“Memang ada beberapa tempat. Kita memang belum terima semua pekerjaan. Masih mau dilihat dulu, kalau belum selesai kita akan tuntaskan,” katanya.

Dikatakan Azikin, dalam proyek pencetakan sawah baru, setiap hektarnya senilai Rp.16 juta, termasuk bantuan pupuk dan bibit padi.

“Proyek itu bagian dari program nasional, kita kerjasamakan dengan TNI. Nilai sawahnya sendiri, kalau tidak salah Rp.9 jutaan,” ungkapnya.

Secara terpisah, Koordinator Forum LMS Kabupaten Kolaka, Herman Lider meragukan pernyataan Azikin yang katanya akan melanjutkan pekerjaan sawah yang belum tuntas dikerjakan.

“Proyek tahun lalu dilanjutkan tahun ini, wah hebat. Sedangkan dalam masa kontraknya saja tidak dikerjakan baik-baik, apalagi di luar masa kontrak. Apakah mau kirim alat berat ke sana, dari mana sumber biayanya. Kita ragukan itu,” kata Herman.

Herman meyakini, pernyataan Azikin yang akan memperbaiki, atau melanjutkan pekerjaan sawah tidak akan terlontar bila tidak ada temuan atau keluhan dari warga.(A)

 

Penulis : Abdul Saban
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com