Tampilan Desktop


Puasa, Jangan Basahi Bibir Kering dengan Air Liur
18 Dibaca

ZONASULTRA.COM – Belasan jam tanpa asupan minuman saat berpuasa tak jarang membuat kulit menjadi kering. Seorang dermato-venerologist, Sari Chairunnisa, mengungkapkan bahwa keluhan yang paling sering terlontar adalah bibir kering. Pasien pun terbiasa mengatasi bibir kering dengan membasahi menggunakan air liur. 

Namun, menurut Sari, cara membasahi bibir dengan ludah tersebut sebenarnya salah. Pasalnya, lidah memproduksi enzim dari kelenjar saliva yang justru dapat membuat kulit lebih kering.

“Enzim tersebut membuat kering dan bahkan meradang hingga membuat di atas bibirnya ada bintik-bintik merah,” ujar Sari seperti dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (5/7/2015).

Untuk mengatasi masalah ini, Sari menyarankan masyarakat untuk menggunakan pelembap bibir. “Gunakan yang sesuai dengan bibir sendiri. Kalau sensitif, jangan pakai yang ada pewarna atau pewangi. Bisa juga pakai petrolatum jelly,” kata Sari.

Tak hanya bibir, kulit wajah secara keseluruhan juga sering kering saat berpuasa. Untuk menanggulangi masalah tersebut, Sari menyarankan untuk mengoleskan pelembap di sekitar wajah.

“Jangan hanya dipakai di pagi hari, tapi aplikasi ulang, misalnya setelah wudu,” tutur Sari.

Selain dari luar, penanggulangan kulit kering saat berpuasa juga harus dilakukan dari dalam tubuh, yaitu melalui asupan makanan dan minuman. Sari menekankan bahwa asupan air minum ketika sahur dan berbuka puasa seharusnya disesuaikan dengan berat badan.

“Banyak orang hanya terpaku pada delapan gelas sehari. Seharusnya, kebutuhan itu sesuai dengan berat. Hitugannya 30-50 cc air dibagi dengan berat badan dalam kilogram. Itulah yang harus diminum. Dibagi merata saat sahur dan buka,” ucap Sari.

Dari segi makanan, Sari mengingatkan agar masyarakat tak meninggalkan buah dan sayuran saat sahur dan buka puasa. (***/)

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com