Tampilan Desktop


Puluhan Guru Ekonomi Kendari Belajar Kebanksentralan
43 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Puluhan guru mata pelajaran ekonomi tingkat SMA/SMK di Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan pengetahuan mengenai kebanksentralan dalam lokakarya yang digelar Bank Indonesia (BI) perwakilan Sultra di Hotel Grand Clarion Kendari, 3-4 Mei 2015. Lokakarya kebanksentralan ini merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai BI sebagai bank sentral di Indonesia.

Humas BI Kendari Dedy Prasetyo mengatakan, pemilihan guru sebagai peserta dalam lokakarya kali ini karena diharapkan para guru tersebut dapat memberikan pemahaman tentang bank sentral kepada anak didiknya. Guru, kata dia, adalah ujung tombak pendidikan untuk menyampaikan materi terkait bank sentral dan ekonomi pada umumnya.
“Kita menjadikan guru sebagai sasaran lokakarya ini karena kita berharap mereka bisa menularkan apa yang mereka ketahui tentang bank sentral kepada siswa-siswinya. Karena sampai saat ini masih banyak dari kita yang tidak mengetahui fungsi bank sentral dan beda bank sentral itu sendiri dengan bank-bank lainnya,” kata Dedi di Clarion, Rabu (3/6/2015). 
Target lain dengan dipilihnya guru, lanjut Dedy, ke depan mereka (guru dan siswa) diharapkan bisa ikut berpartisipasi dalam mengatasi berbagai masalah ekonomi di sekitarnya. Salah satunya tentang inflasi.
“Paling tidak, mereka mengerti kenapa harga naik saat lebaran, kenapa inflasi terjadi sehingga minimal bisa mengerti dan tidak ikut terjebak dalam kepanikan saat kondisi itu terjadi,” katanya.
Adapun materi yang diberikan dalam lokakarya ini antara lain terkait perekonomian secara nasional, bank, bank sentral, otoritas jasa keuangan, inflasi, sistem keuangan, sistem pembayaran dan alat pembayaran.
Ke depan, kata Dedy, BI tengah mencanangkan untuk menggelar cerdas cermat mengenai kebanksentralan dan ekonomi bagi pelajar SMA/SMK sederajat. (Jumriati)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com