Tampilan Desktop


Puluhan Ibu Rumah Tangga di Kendari Ikuti Pelatihan Kewirausahaan
77 Dibaca

Puluhan Ibu Rumah Tangga di Kendari Ikuti Pelatihan Kewirausahaan

Foto Bersama : Foto bersama ibu rumah tangga dari delapan kelurahan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) usai mengikuti pelatihan kewirausahaan yang digelar oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Kendari di Aula Bertakwa Kantor Walikota, Selasa (11/10/2016). Dalam kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing para ibu-ibu dalam menghadapi pasar bebas. (Foto : Hasan/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Puluhan ibu rumah tangga dari delapan kelurahan di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti pelatihan kewirausahaan yang digelar oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Kota Kendari di Aula Bertakwa Kantor Walikota, Selasa (11/10/2016). Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan daya saing para ibu-ibu dalam menghadapi pasar bebas.

Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi BPM Kendari Ratna Dewi mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut dilakukan untuk memberdayakan masyarakat, sehingga para ibu rumah tangga bisa berwirausaha dan mampu meningkatkan ekonomi rumah tangganya.

Tujuan dari pelatihan ini adalah dapat membangun kapasitas masyarakat terkhusus bagi para ibu, ia tidak hanya menjadi ibu rumah tangga, tetepi ia juga bisa berwirausaha dengan harapan bisa meningkatkan ekonomi rumah tangganya,” kata Ratna ditemui di tempat pelatihan.

Dia melanjutkan, saat ini sudah memasuki era ekonomi global, setiap orang dituntut agar memiliki produktivitas yang tinggi, terutama di bidang ekonomi. Apalagi saat ini Kota Kendari tengah menuju Smart City.

Kepala Bidang Pemberdayaan Ekonomi BPM Kendari Ratna Dewi

Ratna Dewi

“ Jadi salah satu tugas kami sebagai BPM adalah berupaya memberikan pemberdayaan kepada masyarakat seperti pelatihan-pelatihan, karena pemerintah Kota Kendari juga memiliki harapan besar dalam mewujudkan Kendari sebagai smart city dalam bidang ekonomi,” jelasnya.

Ratna menambahkan, program pelatihan ibu wirausaha tersebut rencananya akan menjangkau seluruh kelurahan yang ada di Kota Kendari. Untuk pelatihan saat ini baru menghadirkan ibu-ibu dari delapan kelurahan, dan setiap kelurahan diundang sebanyak 10 orang.

“Karena keterbatasan anggaran, saat ini kami baru mengundang delapan kelurahan,” tuturnya.

Sementara itu, beberapa ibu peserta pelatihan tersebut tampak antusias mengikuti pelatihan itu.

Sarmina (41) misalnya, peserta dari Kelurahan Anawai, Kecamatan Baruga ini mengaku sangat senang mendapat undangan untuk mengikuti pelatihan dari pihak BPM, karena ia bisa mendapat pengetahuan baru dari pelatihan tersebut.

“Jadi saya sebagai ibu rumah tangga merasa senang mengikuti kegiatan pelatihan ini, karena telah diajarkan membuat beberapa jenis kue, yang bahannya banyak didapatkan di Kota Kendari,” Kata Sarmina.

Hal senada juga diungkapkan Erwati (48), peserta dari Kelurahan Niparaya, Kecamatan Kambu. Menurutnya, pelatihan kewirausahaan membuat berbagai jenis produk rumahan merupakan pengalaman baru bagi dirinya.

“Saya bersyukur bisa diikutkan pada pelatihan ini karena dapat menambah pengetahuan dalam membuat produk rumah tangga yang bernilai ekonomi, saya berharap agar kegiatan ini bisa berkelanjutan,” kata Erwati. (B)

 

Reporter : Hasan
Editor    : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com