Tampilan Desktop


Puluhan Mahasiswa Desak Gubernur Segera Fungsikan Buranga Sebagai Ibu Kota Butur
302 Dibaca

Puluhan Mahasiswa Desak Gubernur Segera Fungsikan Buranga Sebagai Ibu Kota Butur

DEMO – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kioko (Hipma-Kioko) mendesak Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk segera memfungsikan Buranga sebagai Ibu Kota Kabupaten Buton Utara atau Butur, Jumat (16/12/2016). (Lukman Budianto/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Kioko (Hipma-Kioko) mendesak Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk segera memfungsikan Buranga sebagai Ibu Kota Kabupaten Buton Utara atau Butur.

Hal itu ia sampaikan melalui orasi  di pertigaan kampus Universitas Haluoleo, Jalan Jenderal AH Nasution, kelurahan Kambu, Kecamatan Kambu, Kendari, Jumat (16/12/2016).

Menurut Wilman, selaku koordinator lapangan dalam demonstrasi ini, tahun 2007 telah disahkan Undang-Undang nomor 14 bahwa Ibu Kota Kabupaten Buton Utara adalah Buranga.

“Pasal tujuh dalam UU nomor 14 Tahun 2007 sudah jelas bahwa Buranga adalah Ibu Kota Kabupaten Buton Utara,” kata Wilman dalam orasinya.

Pendemo ini juga memprotes pembangunan yang dipusatkan di Ereke, Kecamatan Kulisusu yang jaraknya kurang lebih 70 Kilometer dari Buranga.

Para demonstran yang didominasi kalangan mahasiswa UHO ini juga mengatakan pada tanggal 14 April 2008, Gubernur Sultra melalui surat dengan nomor 136/1878 dengan tegas menginstruksikan agar Bupati Butur segera berkantor di Buranga.

“Namun hal itu tidak direalisasikan hingga saat ini,” tegas Wilman.

Puluhan mahasiswa ini rencananya akan melanjutkan aksinya di Kantor Gubernur Sultra. Akibat aksi ini, arus lalu lintas di Jalan AH Nasution sedikit tersendat. Tak ada pihak kepolisian yang mengawal aksi ini. (B)

 

Reporter: Lukman Budianto
Editor : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free