Tampilan Desktop



Punya Lima Bandara, Garuda Indonesia Akan Terbang Intra Sultra
221 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Garuda Indonesia akan melakukan penerbangan intra sultra, karena telah didukung oleh kabupaten dan kota di Sulawesi Tenggara (Sultra) yang telah memiliki bandara atau lapangan udara.

Gatot Riyadi Garuda Indonesia

Gatot Riyadi

Menurut General Manager Garuda Indonesia Cabang Kendari, Gatot Riyadi, Sultra yang terdiri dari pulau-pulau ini, memungkinkan akses moda transportasi udara atau penerbangan. Ia mengatakan, di Sultra terdapat lima bandara yaitu di Kolaka Sangia Nibandera, Muna Sugimanuru, Baubau Betoambari, Wakatobi Matahora, dan Kendari Haluoleo.

“Wakatobi malah ada dua dengan yang di Tomia, dan juga nanti ada di Morosi karena sudah masuk Sulawesi Tengah,” kata Gatot saat ditemui di Kantor Garuda Indonesia, Senin (27/3/2017).

Lintasan ini dimungkinkan dengan menerbangkan pesawat jenis ATR (pesawat baling-baling). Untuk jam terbang Garuda, masih dalam wacana untuk bisa terbang setiap hari. Saat ini, kata Gatot, sudah ada dari Baubau ke Kendari, Kendari ke Wakatobi, nanti kalau bisa Muna ke Wakotobi dan lainnya.

Namun Gatoto mengatakan masih ada sejumlah hal yang perlu disiapkan untuk melancarkan rencana koneksi intra Sultra, seperti infrastruktur, pengisian bahan bakar (refueling) dan kesiapan bandara.

“Jika sudah ada di Baubau akan memungkinkan akses sampai ke Ambon dan daerah lainnya, jadi gak usah lagi harus balik ke Kendari atau Makassar untuk ngisi bahan bakar. Bisa lebih maksimal,” ujarnya.

Baca Juga : Berburu Tiket Murah Garuda, Jangan Lewatkan Garuda Indonesia Travel Fair 2017

Gatot mengungkapkan, koordinasi intens antara pihak bandara dengan pihak terkait yaitu Pertamina dan Pemda Baubau sudah dilakukan untuk mengadakan refueling ini. Jika pesawat butuh bahan bakar banyak, akan mengurangi kapasitas penumpang, sebab pesawat memiliki kapasitas minimal daya angkut.

“Dipaksain untuk isi bahan bakar penuh, karena untuk pulang pergi. Otomatis kalau penumpangnnya penuh gak bisa terbang nanti, jadi harus dikurangi penumpangnnya. Kalau ada refueling, bahan bakar diisi secukupnya, penumpang dimaksimalkan,” tukas GM Garuda Indonesia Cabang Kendari ini. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free