Tampilan Desktop

Puskesmas Lasolo Terancam Tak Dapat Akreditasi
151 Dibaca

Puskesmas Lasolo Terancam Tak Dapat Akreditasi

AKREDITASI – Puskesmas Lasolo di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) terancam tak mendapat akreditasi. Pasalnya, segala persyaratan yang dibutuhkan untuk medapat legalitas resmi dari Kementerian Kesahatan (Kemenkes) hingga saat ini belum terpenuhi. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU-Puskesmas Lasolo di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) terancam tak mendapat akreditasi. Pasalnya, segala persyaratan yang dibutuhkan untuk medapat legalitas resmi dari Kementerian Kesahatan (Kemenkes) hingga saat ini belum terpenuhi.

Hal tersebut diungkapkan oleh tim akreditasi Kabupaten Konut, Nurhayati, Kamis, (8/9/2016). Menurut dia, hal itu terjadi karena tidak adanya perhatian dari kepala puskesmas untuk mengkordinir para stafnya membenahi segala prosedur aturan.

Seperti, kelengkapan sertifikat pembebasan lahan puskesmas, penataan lingkungan fisik puskesmas, pembenahan dokumen dan arsip, pembuangan limbah, juga penataan ruang rawat inap yang merupakan syarat utama untuk mendapatkan poin pengakuan akreditasi.

“Ini sedikitpun sampai hari ini belum ada yang direalisasikan,” kata Nurhayati.

Nurhayati, yang juga salah satu pegawai di Dinas Kesehatan Konut ini mengatakan, awal Oktober nanti tim akreditasi provinsi maupun pusat akan segara turun melakukan penilaian utuk menentukan layak tidaknya Puskesmas Lasolo mendapatkan akreditasi.

“Kalau seperti ini jelas kita tidak akan mendapatkan akreditasi. Jelas merugikan pemerintah dan pelayanan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Siska, tim akreditasi Kabupaten Konut lainnya menyayangkan persoalan tersebut tak diindahkan oleh para petugas Puskesmas Lasolo. Padahal kesempatan tersebut hanya sekali saja serta dapat menjalin mitra kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Tak hanya itu, kata dokter muda ini, hingaa kini tim manajemen mutu dan mini lokakarya (Minlok) yang bergerak untuk mangatasi terkait kegiatan akreditasi, juga sama sekali belum dibentuk oleh pihak Puskesmas Lasolo.

“Kita beberapa kali berkunjung untuk memantau keadaan puskesmas tersebut, tapi sama sekali tidak ada gerakan maupun tindakan. Bahkan para petugas hanya beberapa saja yang sering terlihat datang tapi tidak ada tindakan,” ucapnya.

Hingga berita ini dinaikkan, pihak Puskesmas Lasolo belum ada satu pun yang bersedia memberikan klarifikasi terkait persoalan tersebut. (B)

 

Reporter : Jefri
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com