Tampilan Desktop


Ramadan, Volume Sampah Rumah Tangga di Kendari Meningkat
22 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Selama Ramadhan volume sampah di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami peningkatan yang signifikan. Sampah yang diangkut ke tempat pembuangan akhir sampah ( TPAS ) Puwatu setiap harinya mencapai 200 ton. Sampah tersebut didominasi oleh sampah rumah tangga.

Kepala Seksi Pengolahan Sampah Dinas Kebersihan Kota Kendari, Jabadin

Jabadin

Kepala Seksi Pengolahan Sampah Dinas Kebersihan Kota Kendari, Jabadin menuturkan, normalnya sampah yang masuk ke TPAS Puwatu setiap harinya berkisar antara 150 ton hingga 160 ton. Namun selama Ramadan, volume sampah juga meningkat hingga 200 ton. Bahkan, banyak masyarakat yang masuk ke TPAS dan membuang sampah menggunakan kendaraan pribadi.

“Perharinya mobil pribadi yang masuk ke TPAS membawa sampah bisa mencapai 10 mobil. Dan rata-rata membawa sampah rumah tangga,” kata Jabadin, Sabtu (25/6/2016).

Jabadin menambahkan, mobil dinas yang mengangkut sampah ke TPAS setiap harinya mencapai 40-50 kali. Namun selama Ramadan kendaraan operasional pengangkut sampah teresebut bisa mengangkut hingga 60 kali. Jika dirata-ratakan dengan kendaraan pribadi yang masuk, mobil yang mengangkut sampah bisa mencapai 70 kali setiap harinya. (B)

 

Reporter: Lukman Budianto
Editor: Jumriati

Tagged with:

View all contributions by

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com