Tampilan Desktop


Ratusan Hektar Sawah, 3 Unit Rumah Terendam Banjir di Baubau
161 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BAUBAU– Hujan deras yang turun sejak Kamis (17/3/2016) dinihari di kota Baubau hingga siang hari, mengakibatkan 230 hektar sawah di Kecamatan Bungi terendam banjir. Banjir mengenangi badan jalan di Betoambari dan juga di depan Stadion Betoambari Kota Baubau serta tiga unit rumah warga.

Ratusan Hektar Sawah, 3 Unit Rumah Terendam Banjir di Baubau

Ilustrasi

Kepala Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau, La Ode Muslimin membenarkan peristiwa ini. Ia telah memerintahkan seluruh tim penanggulangan untuk stand by di kecamatan Bungi, karena lokasi ini memang paling rawan terkena banjir.

Dikatakannya, hujan deras yang terjadi di Kota Baubau telah berdampak pada para petani di Kecamatan Bungi khususnya di Kelurahan Ngakaring-ngakring dan Kelurahan Waliabuku.

“Setidaknya ada 230 hektar sawah milik petani harus terendam banjir, dari sawah ini terdapat beberapa petani yang baru melakukan penanaman bibit tiga hari lalu juga terkena banjir,” ujar mantan Camat Wolio ini.

Muslimin mengungkapkan banjir ini disebabkan karena hutan sudah mulai gundul. “Kita akan memastikan penyebab banjir ini, penyebab utama memang harus kita akui hutan sudah mulai gundul,” katanya.

Selain ratusan hektar sawah yang terendam banjir, tiga rumah warga di Kelurahan Waliabuku juga ikut terendam. BPBD Kota Baubau langsung melakukan konsultasi di setempat dan diterima langsung ketua untuk mengambil langkah dalam menanggulangi dampak yang lebih besar.

 

Penulis : Mulyadi
Editor   : Rustam

Tagged with: ,
JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com