Tampilan Desktop


Ratusan Hektar Sawah di Kendari Puso
47 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), mencatat dari 850 hektar sawah yang ada di Kota Kendari, sebanyak 115 hektar diantaranya terancam pusokarena sejumlah kendala.

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kota Kendari Zainal Arifin menjelaskan sawah yang terancam puso itu disebabkan kekeringan, serangan hama Blast dan serangan ulat grayak, sehingga petani hanya bisa melakukan panen pada areal sawah seluas 697 hektar.

“Sasaran luas tanaman padi di Baruga dan Labibia seluas 850 ha dengan target produksi 4.675 ton, namun karena puso hanya bisa dipanen seluas 697 ha dengan produktifitas 6 ton per hektar, sehingga total produksi musim tanam April-September 4.182 ton.
Produksi padi kota Kendari  tahun 2015 dengan 2 musim tanam sebanyak 7.639 ton,“ kata Zainal Arifin, Senin (28/9/2015).

Ia menjelaskan untuk mewujudkan swasembada berkelanjutan melalui program upaya khusus (upsus) padi, jagung dan kedelai, berbagai cara dilakukan diantaranya perluasan areal tanam, peningkatan produksi, penguatan kelembagaan dan pembiayaan, termasuk pemberian bantuan alat poduksi pertanian.

Sementara itu, sekretaris Dinas Pertanian Sultra Suryati Raeba mengatakan areal persawahan di Sultra yang mengalami kekeringan mencapai 6.356 ha dan 912 ha puso termasuk di dalamnya sawah di kota Kendari.

“Panen raya yang dilakukan di Amohalo ini cukup menggembirakan karena merupakan indikator bahwa stok pangan kita akan tetap terjaga,” katanya.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com