Tampilan Desktop



Ratusan Motor di Butur Terjaring Razia Sat Lantas Muna
184 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Muna menjaring ratusan pengendara sepeda motor yang melanggar peraturan di Kabupaten Buton Utara (Butur). Sweeping tersebut akan digelar di berbagai tempat di Kecamatan Kulisusu, dan akan berlajut sampai hari Jumat (9/12/2016) mendatang.

Sebelum melakukan penindakan, Sat Lantas Polres Muna sudah mengadakan sosialisasi kepada instansi dan masyarakat setempat, serta menandatangani kesepakatan kampanye aksi keselamatan lalu lintas yang diselenggarakan pada tanggal 18 November lalu di Aula Bappeda Pemkab Butur.

Ratusan Motor di Butur Terjaring Razia Sat Lantas Muna

Sweeping

” Berpijak pada UU Lalu Lintas tahun 2009, setelah sosialisasi, kita akan melakukan tindakan untuk menimbulkan efek jera kepada masyarakat, khususnya pelanggaran kasat mata seperti tidak menggunakan kaca spion, knalpot racing, dan tidak menggunakan helm,” ungkap Kasat Lantas Polres Muna Iptu Alfin ditemui sejumlah awak media di Polsek Kulisusu.

Menurut dia, kecelakaan yang berujung kematian di Butur ini adalah benturan kepala karena kebanyakan tidak menggunakan helm.

“Ini sistemnya patroli hunting, jadi ketemu pelanggaran kita hentikan, Sesuai UU menggunakan helm SNI, dan begitu juga knalpot sesui standar yang di keluarkan dealer,” ujarnya.

Setelah sosialisasi saat itu, anggota polsek, lanjut Alfin, akan menegur para pengendara. Namun, mulai hari ini, pihaknya sudah melakukan penindakan, nantinya kendaraan yang terjaring akan diproses melalui sidang di Raha.

Target dalam operasi ini bukan jumlah kendaraan, tapi bagaimana pengendara bisa tertib berlalu lintas, karena Ereke adalah pusat keramaian di Butur. Sehingga nantinya setiap tamu atau pengunjung datang di wilayah ini dapat mengetahui bahwa saat ini di Butur sudah tertib lalu lintas. Jadi otomatis pengendara dari luar menggunakan helm masuk ke Ereke.

“Setelah selesai ini, akan dilanjutkan unit lantas polsek yang akan di lengkapi denga kartu tilangnya, jadi penindakanya jalan terus,” tandasnya.

Untuk itu, Alfin berharap, masyarakat Butur bisa tertib berlalu lintas sehingga angka kecelakaan kendaraan bermotor bisa ditekan bahkan tidak ada lagi. (B)

 

Penulis : Darmawan
Editor  : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free