Tampilan Desktop



Ratusan Penyandang Cacat di Konut Minim Perhatian Pemerintah
61 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Sebanyak 474 orang penyandang cacat yang tersebar di wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) sangat minim perhatian dari pemerintah daerah setempat.

Ilustrasi penyandang cacat

Ilustrasi

Kepala Bidang Rehabilitasi Dinas Sosial (Dinsos) Konut Lisnani mengatakan, dari jumlah keseluruhan penyandang cacat mulai dari tuna rungu, tuna netra, lumpuh total, cacat berat dan cacat ringan, hingga saat ini yang telah mendapatkan bantuan tercatat hanya 19 orang saja.

Bantuan tersebut pun bukan dari pemerintah daerah, melainkan dari Kementerian Sosial (Kemensos) dalam bentuk uang tunai yang ditransfer melalui pos sebesar Rp 300 ribu per bulan, dengan kategori orang dengan kecacatan berat (ODKB) seperti lumpuh total secara fisik.

Sementara kategori cacat biasa seperti buta tapi masih bisa menggerakkan kaki dan tangan, atau lumpuh pada kaki tapi masih menggerakkan tangan dan sebaliknya, hingga kini belum tersentuh bantuan sama sekali.

“Kita sudah data dan usulkan semua ke Kemensos tiap tahun melalui identitas penyandang cacat yang kami kumpulkan, tapi dari Kemensos verifikasi kembali lagi dan dari sekian yang kami kirim hanya 19 saja yang memenuhi prosedur yang tercatat sebagai ODKB yang lain tidak bisa,” kata Lisnani, Sabtu (17/12/2016).

Pihaknya pun berharap para penyandang cacat yang belum tersentuh bantuan bisa mendapat bantuan dari pemda setempat.

Ditemui di tempat terpisah, Bupati Konut Ruksamin menyahuti hal tersebut. Dirinya yang baru menjabat sebagai kepala daerah sejak 8 bulan terakhir ini akan segera menganggarkan melalui dana anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) 2017.

“Persoalan penyandang cacat ini hal utama bagi saya. Dan saya sudah pikirkan itu. Kita sudah anggarkan dananya, 2017 sudah bisa kita salurkan bantuanya nanti tinggal diatur saja oleh dinas terkait,” katanya. (C)

 

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free