Tampilan Desktop



Rayakan Lebaran, Warga Desa Tomoahi Gelar Acara Adat
55 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Warga di Desa Tomoahi Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara (Butur) memiliki kegiatan unik dalam merayakan Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriah. Warga setempat menggelar acara adat. Oleh warga setempat, kegiatan tersebut biasa disebut Alionda. Alionda dihelat sehari usai pelaksanaan shalat idul adha.

Tari Balumpa

Tari Balumpa

Dalam acara itu, terlihat beberapa wanita mulai dari yang tua hingga kanak-kanak mengenakan pakaian adat, berpegangan tangan dan membentuk lingkaran sembari menyanyikan lagu Alionda. Lagu tersebut, dipimpin oleh satu orang, dan diikuti peserta lainnya.

Tak hanya wanita, peserta laki-laki pun turut ambil bagian memeriahkan acara dengan memperagakan silat kampung (manca) di dalam lingkaran tersebut. Sesudah silat, beberapa tarian khas daerah (lense, ngibi, balumpa) juga tak lupa ditampilkan dalam acara itu.

Salah seorang warga Marzuki yang ditemui di lokasi kegiatan menyampaikan, acara tersebut rutin diselenggarakan setelah perayaan hari raya, baik Idul Fitri maupun Idul Adha. Dijelaskan pula, bahwa acara tersebut akan dilangsungkan selama tiga hari.

“Ini diselenggarakan setiap selesai lebaran. Acaranya selama tiga hari,” katanya, Sabtu (2/9/2017).

Dalam acara tersebut, ditampilkan pula tari kreasi yang diperagakan oleh tujuh orang wanita remaja, yang menambah semaraknya acara. Selain Desa Tomoahi, beberapa desa di Butur juga menyelenggarakan kegiatan serupa. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free