Tampilan Desktop



Reformasi Pendidikan, Jangan Ada Siswa Tertekan Saat Menerima Pelajaran
59 Dibaca

ZONASULTRA.COM, JAKARTA – Seiring perkembangan era modern, tantangan reformasi pendidikan dan pembangunan karakter siswa semakin berat. Untuk mewujudkan reformasi pendidikan tersebut tidak bisa melalui metode indoktrinasi yang kaku.

ilustrasi hari pendidikan

Ilustrasi

Membentuk karakter dan sikap positif para siswa perlu merubah metode pengajaran sehingga siswa merasa riang gembira dan terbuka imajinasinya dalam menerima pelajaran.

“Jangan ada lagi siswa merasa tertekan saat menerima mata pelajaran apapun. Mata pelajaran yang dianggap momok, seperti Matematika, IPA dan bahasa asing dibuat tidak lagi menakutkan dan tidak menjemukan,” ungkap Bimo Sasongko selaku CEO Euro Manajement Indonesia, Selasa (2/5/2017).

Euro Management Indonesia sebagai konsultan pendidikan internasional melihat bahwa perlu membenahi karakter siswa sesuai dengan semangat zaman yakni pentingnya daya inovasi. “Seperti yang pernah dirumuskan oleh tokoh pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara, dimana siswa harus terus menerus menghasilkan inovasi dengan cara 3N (Niteni, Neroke, Nambahi),” lanjut Bimo.

Menurutnya, metode 3N yang dirumuskan oleh Ki Hajar Dewantara sangatlah relevan untuk membentuk karakter siswa terkait dengan kemajuan zaman yang sangat ditentukan oleh kapasitas inovasi. Metode 3N yang memakai istilah bahasa Jawa tersebut sangat relevan bagi pelajar hingga dunia usaha.

Para siswa diharapkan selalu memperhatikan unsur N yang pertama yakni “Niteni” atau mengamati kemajuan teknologi atau perkembangan produk. N yang kedua adalah “Neroke” atau menirukan kemajuan teknologi atau perkembangan produk. Lalu unsur N yang ketiga adalah “Nambahi” atau menambahkan (modifikasi). Metode 3N diatas sebaiknya ditanamkan kepada para siswa sekolah dengan cara-cara yang mengasyikan dan penuh ceria seolah mereka sedang berwisata. (B)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free