Tampilan Desktop



Rehabilitasi Hutan di Konsel, Ribuan Benih Pohon Ditabur dari Helikopter
56 Dibaca

Rehabilitasi Hutan di Konsel, Ribuan Benih Pohon Ditabur dari Helikopter PENANAMAN POHON – Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin bersama Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) KLHK RI, Hilman Nugroho saat melakukan penanaman pohon secara manual. Usai melakukan secara manual Arsalim bersama rombongan langsung melakukan penaburan benih melalui udara dengan menggunakan helikopter, Jumat (15/9/2017). (ERIK ARI PRABOWO/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) bekerja sama dengan Dinas kehutanan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melaunching air of seeding (penaburan benih lewat udara) di Desa Lakomea, Kecamatan Landono, Jumat (15/9/2017) sore kemarin. Ribuan bibit benih ditabur di daerah itu untuk menyelamatkan hutan yang dianggap kritis.

Wakil Bupati Konsel Arsalim Arifin yang turut hadir dalam launching tersebut menjelaskan, untuk wilayah Konsel sendiri ada sebanyak 11.468 benih pohon yang akan disebar dikawasan hutan Konsel.

“Dengan luas 900 hektare yang ditanam secara manual dan sisanya akan ditanam memakai helikopter, atau lewat udara. Yang jelas kawasan fungsi hutan di Konsel sekitar 51.250 hektar yang menjadi target kita dalam rehabilitasi hutan ini,” kata Arsalim.

Arsalim menambahkan, sebagai upaya perbaikan kawasan hutan yang mengalami kerusakan, pihaknya menyasar beberapa kawasan hutan yang masuk kawasan konservasi.

Mantan Kepala Bappeda Konsel ini berjanji pihaknya akan berkerja sama dengan petugas polisi kehutanan untuk menjaga kelestarian hutan di Kabupaten Konsel.

“Sekarang kewenangan kehutanan di daerah diambil alih oleh provinsi. Maka kita butuhkan sinergitas dan kerja sama dari beberapa elemen untuk senantiasa menjaga kelestarian hutan kita,” ungkapnya.

Launching perdana penaburan benih tersebut juga dihadiri langsung oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (PDASHL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Hilman Nugroho.

Dalam sambutannya, Hilman Nugroho mengungkapkan, launching air seeding tersebut adalah kali pertama dilakukan di Sultra. Penaburan benih lewat udara ini bertujuan untuk rehabilitasi hutan zona hutan kritis yang ada di Sultra.

“Ada tiga daerah yang menjadi target kita dalam launching perdana ini yakni Kabupaten Kolaka Timur, Konawe dan Konawe Selatan. Karena tiga wilayah ini merupakan daratan tak terpisahkan dan memiliki kawasan cocok untuk penaburan benih pohon ini,” ungkapnya.

Adapun jenis benih pohon yang ditabur yakni Akasia, Gmelina (jati), Kaliandra, Sengon dan jenis pohon produktif lainnya. (B)

 

Reporter: Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free